Lima Fakta Menarik Kolesterol yang perlu Anda Tahu

Ilustrasi kolesterol
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Pemerintah Diminta Sediakan Jaminan Bagi Pekerja Informal
- Banyaknya undangan berbuka puasa yang menanti, dapat meningkatkan gangguan kesehatan, karena makanan tidak terkontrol. Salah satu yang harus diantisipasi, naiknya kadar kolesterol jahat di tubuh.

Stimulasi Otot Elektrik, Cara Baru Dapatkan Tubuh Bugar

Untuk mencegah serangan penyakit karena kolesterol berlebih, cobalah memahami terlebih dahulu, beberapa fakta menarik mengenai kolesterol, sebagaimana dikutip dari laman Times of India ini:
Hilangkan Depresi dengan Lari


Gejala kolesterol tinggi bisa dideteksi


Siapa bilang gejala keolasterol tinggi tidak bisa dideteksi? Faktanya, peningkatan jumlah kolesterol jahat dalam tubuh, bisa dideteksi oleh mata telanjang. Cara mendeteksinya, bisa dilakukan dengan melihat adanya ruam merah di sekujur tubuh, yang merupakan tanda dari meningkatnya kadar kolesterol jahat dalam tubuh.


Bisa dihilangkan dengan olahraga


Mungkin beberapa dari Anda belum mengetahuinya, namun ternyata ada dua jenis kolesterol yang terkandung di dalam tubuh, yakni kolesterol baik dan jahat. Fakta lain yang menarik, adalah olahraga bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik, yang bisa mengoptimalkan kesehatan tubuh.


Makin meningkat setelah menopause


Untuk wanita, kadar kolesterol jahat dalam tubuh dapat meningkat, setelah mengalami masa menopause. Hal ini terjadi karena perubahan hormon seksual wanita yang terjadi pada masa tersebut. Untuk itu, sebaiknya periksakan kadar kolesterol dalam tubuh, sebelum masa menopause datang agar bahayanya bisa dicegah.


Kekurangan kolesterol bahaya


Tidak hanya kadar berlebihan yang berbahaya, namun kekurangan kolesterol dalam tubuh, juga bisa mendatangkan bahaya untuk kesehatan. Sebab, kadar kolesterol yang kurang dalam tubuh, dapat menyebabkan serangkaian gangguan kesehatan seperti kanker, depresi, dan kelahiran prematur.


Bisa menyerang anak-anak


Fakta mengejutkan tentang kolesterol adalah bahwa anak-anak juga bisa memiliki kadar kolesterol yang tinggi dan membahayakan. Hal ini berkaitan dengan riwayat orangtua dan keluarga sang anak, yang dekat dengan penyakit jantung dan obesitas. Pemeriksaan dini sebaiknya segera dilakukan dalam kasus ini, agar tindak penanganan dan pencegahan bisa dilakukan.


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya