Empat Bahan Alami Ampuh untuk Obati Infeksi Luka

Ilustrasi madu
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Parasit Hidup di Tubuh Remaja Pria Ini
- Anak Anda terjatuh lalu mengalami luka menganga? Cepatlah diatasi, karena jika tidak, dapat memicu terjadinya infeksi yang membahayakan. Tak perlu repot, karena bahan alami penyembuh infeksi luka, bisa didapatkan dari beberapa bahan yang sudah tersedia di dapur. Apa saja? Berikut penjelasannya, menurut laman
Boldsky
Tujuh Makanan 'Busuk' yang Menyehatkan
.
Cara Menghentikan Luka Berdarah dalam 15 Detik

Madu

Kebaikan madu, ternyata bisa dijadikan sebagai obat penghilang infeksi pada luka goresan karena jatuh. Hal ini karena, madu memiliki kandungan baik, yang bisa membunuh bakteri yang masuk ke permukaan kulit yang terluka, sehingga mencegah terjadinya infeksi yang lebih parah.


Kunyit

Salah satu jenis rempah-rempah ini, selain bisa dijadikan bumbu untuk masakan, juga bisa digunakan untuk mengobati luka dan menghentikan infeksi. Kandungan baik dalam bubuk kunyit, bisa bekerja layaknya antiseptik yang membunuh kuman dan menghentikan infeksi. Cukup bubuhkan saja bubuk kunyit ke bagian tubuh yang tergores, lalu bilas dengan air setelahnya.


Kentang


Beberapa dari Anda mungkin belum mengetahuinya. Namun, kentang bisa dijadikan senjata ampuh penyelamat luka goresan yang Anda alami. Hal ini karena, kentang memiliki kandungan baik yang bisa menghentikan peradangan dan pembentukan infeksi di daerah luka. Cukup bubuhkan kentang yang sudah ditumbuk ke daerah luka dan diamkan. Getahnya akan mengangkat bakteri dan mengurangi infeksi luka.


Lidah buaya


Selain dikenal sebagai ramuan alami penjaga kesehatan dan keindahan rambut, lidah buaya juga bisa dijadikan ramuan pembersih luka yang bisa menghentikan infeksi pada luka. Cukup potong lidah buaya hingga mengeluarkan getah, dan usapkan getah tersebut ke daerah luka. Selain luka gores dan jatuh, lidah buaya juga ampuh menyembuhkan luka bakar.  (ms)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya