Waspada Ketika Buang Air Besar Mulai Berwarna Gelap

Ilustrasi toilet atau WC
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Aktivitas Asyik Bersama Pasangan Usai Bercinta
- Menjelang Hari Raya Idul Fitri yang sebentar lagi tiba, kesehatan badan tentu harus dijaga. Namun apa jadinya jika mendadak badan yang sehat jatuh sakit. Terlebih jika sakit itu disertai Buang Air Besar (BAB) yang menghitam, serta rasa sajit di bagian perut. Kira-kira apa yang menyebabkan hal ini terjadi?

Stimulasi Otot Elektrik, Cara Baru Dapatkan Tubuh Bugar
Dokter Rahajeng dari laman Meetdoctor menjelaskan, feses yang berwarna hitam pekat menandakan adanya perdarahan saluran cerna bagian dalam. Jika feses Anda tidak berwarna hitam pekat, atau hanya berwarna cokelat tua, berarti ada kemungkinan yang dialami karena efek makan makanan yang kurang bersih, makanan yang kurang bersih kemungkinan besar terkontaminasi kuman.

Tujuh Makanan Ini Mampu Jaga Keseimbangan Hormon
“Karena itu keluhan tersebut biasanya disertai rasa melilit di pusar. Rasa melilit tersebut merupakan efek dari usaha kontraksi usus mengeluarkan kuman dan racun, yang ada pada makanan tersebut. Jadi tidak perlu diberikan obat antibiotik untuk saluran pencernaan,” ujar Rahajeng.

BAB menghitam salah satunya bisa terjadi jika Anda mengonsumsi suplemen zat besi. Bisa juga disebabkan karena perdarahan saluran cerna bagian atas. Sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter spesialis penyakit dalam jika kondisi ini berlanjut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya