Tips Bagi Penderita Alergi untuk Aktif Beraktivitas

Ilustrasi alergi
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Aktivitas Asyik Bersama Pasangan Usai Bercinta
- Memiliki alergi terhadap suatu hal, adalah hal yang menyulitkan. Pasalnya, alergi bisa mengganggu aktivitas harian. Namun, jangan cemas karena buat Anda yang memiliki alergi, masih bisa melakukan berbagai kegiatan dan aktivitas, dengan memerhatikan beberapa hal berikut ini, info yang dilansir dari laman
Everyday Health.
Tujuh Makanan Ini Mampu Jaga Keseimbangan Hormon


Empat Hal Pemicu Infeksi Jamur di Area Kewanitaan
Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengetahui dan memastikan apa jenis alergi yang dimiliki, dan bukan hanya menebak-nebak. "Banyak orang yang hanya mengira dan menebak jenis alerginya, sehingga membuat penanganan alergi salah," ujar Dr. Ronald H. Saff, seorang ahli alergi dari Florida.

Ronald mengatakan, dengan memahami jenis alergi, Anda dapat dengan mudah memahami gejala dan pemicu alergi tersebut, sehingga lebih mudah untuk mengendalikannya.


Jika Anda sedang menjalani pengobatan terhadap alergi, sangat penting untuk meminum obat tepat waktu. "Obat-obatan alergi tersebut, berfungsi sebagai pereda gejala dan pemicu awal dari reaksi alergi, yang bisa menjadi awal terjadinya alergi yang Anda alami, dengan begitu, alergi takkan datang mengganggu kegiatan harian Anda," ujarnya menambahkan.


Cara lain yang bisa dilakukan untuk hidup nyaman dengan alergi, adalah dengan melakukan antisipasi sebelum melakukan aktivitas. Jika Anda memiliki alergi terhadap cuaca panas maupun dingin, bentuk antisipasinya bisa dilakukan dengan memilih pakaian yang cocok dengan cuaca tersebut, sehingga alergi tidak datang.


Sedangkan bila Anda memiliki alergi debu, Anda bisa menggunakan penutup hidung agar alergen tak masuk ke tubuh. Yang juga tak kalah penting, adalah selalu menjaga kebersihan tubuh, setelah beraktivitas.


"Partikel alergen bisa terbawa melalui udara dan menempel di pakaian yang Anda gunakan ketika beraktivitas di luar ruangan. Untuk itu segera lepas dan cuci pakaian setelah digunakan," ungkap Ronald. Jangan lupa juga, untuk selalu menjaga kebersihan tubuh dan menjaga hidrasi yang bisa membersihkan kotoran dalam tubuh, termasuk alergi.


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya