Mulas Setelah Minum Kopi? Ini Penyebabnya

Kopi hitam.
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Menikmati secangkir hangat di pagi hari, adalah kenikmatan yang diimpikan beberapa dari Anda yang menggilai minuman yang satu ini. Namun meminum kopi di pagi hari, ternyata memiliki dampak mengganggu rutinitas jadi sering terjadi. Lalu, apa yang membuat kita jadi cepat ingin BAB setelah mengonsumsi kopi?

Wajib Tahu, Tujuh Aturan Menikmati Kopi

Baca juga:

Sebuah penelitian mencoba untuk mencari tahu, alasan mengapa konsumsi kopi dapat meningkatkan keinginan BAB yang besar. "Pada awalnya kami berasumsi bahwa sumbernya adalah kandungan kafein dalam kopi, namun ternyata saat beralih pada kopi tanpa kafein (decaf), efeknya tetap saja ada, hal ini pasti berhubungan dengan kandungan lain dalam kopi," ungkap salah satu peneliti.
 
Dilansir dari Daily Mail, kandungan asam di dalam kopi, adalah penyebab rasa tak nyaman pada perut yang berujung dengan BAB. Senyawa tersebut mampu meningkatkan kadar asam lambung, yang membuat proses penyerapan lebih cepat.

"Dengan kadar asam lambung yang meningkat, proses penyerapan makanan lebih cepat dan begitu juga proses pembuangan. Tak heran bila kopi bisa membuat Anda mulas dalam waktu singkat."
 
Namun di samping itu, manfaat kopi sudah jelas sekali ragamnya. Selain bisa meningkatkan fokus dan pikiran, secangkir kopi juga bisa menangkal kantuk dan menambah energi yang terkuras karena menjalani kegiatan harian.

Kopi.

Ini yang Terjadi pada Tubuh Jika Anda Berhenti Minum Kopi

Ada tujuh hal yang akan dialami tubuh.

img_title
VIVA.co.id
1 Agustus 2016