Meningkatkan Kesadaran Bahaya Diabetes Melalui Animasi

Meningkatkan pengenalan diabetes melalui animasi.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dhea Amanda Rustam
VIVA.co.id
Jika Lolos Tes Ini, Keamanan Siber Bank di Indonesia Sudah Tangguh
- Penyakit diabetes militus, adalah salah satu penyakit tidak menular yang sudah menjadi wabah di dunia. Penyakit ini dipicu oleh berbagai faktor, yang terkait dengan gaya hidup. Di Indonesia, saat ini, sekitar 1 dari 12 orang terdeteksi mengidap penyakit diabetes. 

Surya Paloh Sambut Baik PKS Jika Ikut Merapat ke Koalisi Prabowo-Gibran
Direktur Penyakit Tidak Menular, Direktorat Jenderal PP & PL, Kementerian Kesehatan RI Lily Sulistyowati mengatakan, penyakit diabetes ini semakin sulit ditangani, karena kurangnya kesadaran masyarakat terhadap bahaya penyakit ini.

Disebut Hard Gumay Bakal Berjodoh dengan Mayor Teddy, Fuji: Aneh Banget Sumpah!
"Hampir setengah dari kasus diabetes tidak terdiagnosa. Sedangkan sisanya terdiagnosa dalam kasus yang sudah parah, hingga menyebabkan komplikasi," ujarnya di Jakarta, Senin, 24 Agustus 2015. 

Salah satu yang dinilai perlu dilakukan untuk menanggulangi masalah diabetes adalah meningkatkan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya penanganan dan pencegahan diabetes. Salah satu yang bisa dilakukan adalah melalui animasi.

Menurut Wahyu Aditya, seorang animator dan digital expert, animasi adalah salah satu cara inovatif dan kreatif untuk menyampaikan sebuah pesan dengan mudah.

"Menyampaikan pesan atau edukasi, akan lebih mudah bila dilakukan melalui cara visual, yang mudah dicerna dan lebih menarik," ujarnya, dalam Acara "Upaya Peningkatan Kesadaran Akan Diabetes Melalui Animasi" di Jakarta, Senin, 24 Agustus 2015.

Bersama dengan ini dilakukan juga Kompetisi Animasi Manis yang menampilkan beberapa film animasi pendek yang mengangkat tema tentang diabetes. Melalui cara ini diharapkan masyarakat Indonesia lebih memahami dan mengerti tentang bahaya dan bagaimana menangani serta mencegah penyebaran penyakit diabetes.

(mus)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya