Arti Mendadak 'Ngidam' dari Sudut Pandang Kesehatan

Ibu hamil
Sumber :
  • Ist/womensclinic

VIVA.co.id - Bagi seorang wanita, pasti pernah mendadak sangat menginginkan makanan jenis tertentu layaknya orang ngidam. Rasa aneh ini, ternyata memiliki makna tersembunyi di dalamnya.

Jepang Luncurkan Mi Instan Kuah Cokelat

Seorang ahli kesehatan mengatakan, bahwa hasrat kuat untuk mengkonsumsi makanan jenis tertentu, adalah cara tubuh mengirimkan pesan bahwa ia sedang kehilangan `sesuatu.`
 
Dengan mengirimkan pesan tersebut, tubuh ingin memastikan bahwa kita menjaga keseimbangan mineral dan vitamin. Berikut ini, beberapa makna makanan yang diinginkan saat manusia mendadak `ngidam,` dilansir dari Daily Mail:

Makanan Manis

Saat Anda mendadak ingin menikmati makanan manis, seperti kue atau permen, ini berarti tingkat gula di dalam tubuh memuncak sebelum akhirnya turun drastis. Dr Glenville, penulis buku Fat Around The Middle menyarankan kita mengkonsumsi makanan mengandung chromiun. Ia adalah sejenis logam yang dibutuhkan tubuh yang berperan dalam fungsi normal insulin.

Cokelat

Jika ingin cokelat, menandakan tubuh memerlukan magnesium. Shona Wilkinson, Kepala Ahli Gizi di dari laman Nutricentre.com mengatakan, "Magnesium tidak hanya membantu sistem imun dengan mencegah peradangan, namun juga berperan penting menyeimbangkan rasa gugup dan perasaan asing.”

Garam

Mendadak Anda menikmati makanan asin? Ini pertanda tubuh kekurangan sodium. Wilkinson menyatakan, "Jika menginginkan makanan yang asin, ini berarti tingkat sodium rendah, biasanya terjadi karena dehidrasi, setelah olahraga, sakit, atau konsumsi alkohol."

Karbohidrat

Ini berarti badan ingin memberi tahu, bahwa tubuh dalam kondisi rendah asam amino dan triptofan. Glenville mengatakan, "Menginginkan makanan berkarbohidrat, adalah tanda tingkat asam amino dan triptofan rendah, di mana keduanya diperlukan untuk menghasilkan serotonin, zat pengantar pesan bahagia ke otak. Selain itu ia juga berperan penting dalam mengatur siklus tidur.”

Daging

Menginginkan daging, menandakan tubuh membutuhkan zat besi. Kekurangan zat besi harus segera dipenuhi kebutuhannya, karena bisa mengakibatkan tubuh cepat lelah.

Makanan asam

Ini pertanda tubuh dalam kondisi asam lambung rendah. Tubuh memerlukan makanan asam, ketika tingkat asam lambung tidak normal. Asam lambung diperlukan untuk memecah makanan dan pertahanan tubuh pertama, saat makanan terkontaminasi.

Cokelat produksi Mars

Mars Menarik Produk Cokelatnya di 55 Negara

Apakah di Indonesia termasuk?

img_title
VIVA.co.id
24 Februari 2016