Solusi Jitu Mengatasi Mimpi Buruk pada Anak

ilustrasi anak tertidur
Sumber :
  • Pixabay
VIVA.co.id
Cara Mengatasi Mimpi Buruk pada Anak
- Mimpi buruk pada anak merupakan hal wajar yang dialami si kecil. Menghadapi anak mengalami mimpi buruk, bukan perkara gampang lho. Butuh kesabaran dan kita harus mampu memberi si kecil pengertian, bahwa monster seram itu tidak pernah ada di dunia.

Terungkap Arti dari Mimpi Buruk yang Kita Alami

Mimpi buruk sesekali wajar, namun kalau anak mengalami mimpi buruk sampai hampir setiap malam, maka penting bagi ayah-bunda segera membawanya ke psikolog. Namun sebelum Anda melakukan langkah tersebut, coba dulu beberapa langkah ini, yang manjur mengatasi masalah mimpi buruk anak, dilansir dari Boldsky:
Ingin Mengontrol Mimpi, Ini Caranya


Bicarakan hal yang buatnya takut


Saat anak mengatakan ia mengalami mimpi buruk, orangtua jangan terlalu cemas, tenangkan dirinya lalu ajak tidur bersama. Saat pagi, ajak bicara anak, hal apa yang membuatnya cemas saat malam, sehingga terus bermimpi buruk. Berikan kalimat-kalimat yang dapat menguatkan dirinya.


Atasi traumanya


Mimpi buruk muncul akibat trauma yang sempat dialami, coba untuk mencari tahu apa penyebab trauma tersebut pada anak.


Buat anak merasa nyaman


Saat anak terlihat gelisah, coba jelaskan padanya bahwa semuanya akan baik-baik saja dan monster (sumber mimpi buruknya) tidak ada di dunia. Luangkan waktu lebih banyak bersama anak, agar mereka merasa aman.


Atur ulang kamar tidurnya


Terkadang, mengubah letak tempat tidur anak bisa mengusir mimpi buruk si kecil. Atau bisa juga mencoba mengirim anak ke tempat tertentu yang membuatnya senang, seperti taman bermain, agar ia lupa tentang hal-hal seram yang menyebabkan dirinya mimpi buruk.


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya