Mayoritas Anak Indonesia Kekurangan Nutrisi Omega 3 dan 6

Anak makan ikan.
Sumber :
VIVA.co.id
Agar Hari Pertama Anak Masuk TK Berjalan Lancar
- Berbagai nutrisi dibutuhkan oleh setiap anak untuk tumbuh dan berkembang menjadi anak yang sehat. Selain karbohidrat, protein dan bermacam-macam vitamin, anak juga membutuhkan asupan asam lemak esensial seperti Omega 3 dan 6.

Cara Nadia Mulya Disiplinkan Anak
Sayangnya, baru 39 persen anak Indonesia yang telah tercukupi kebutuhan Omega 3 dan 6. Demikian menurut Prof. Dr. Ir. H. Hardinsyah, MS, Ketua Umum PERGIZI PANGAN Indonesia. 

Menjelaskan Kematian pada Anak Usia Dini
Bagi Anda yang belum tahu, Omega 3 dan 6 adalah sejenis lemak dari lemak tak jenuh ganda (PUFA) yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang anak secara optimal. Omega 3 dan 6 juga merupakan bagian dari lemak esensial yang dibutuhkan tubuh semua orang dewasa.

"Dikatakan asam lemak esensial karena tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh manusia, namun sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan sel-sel saraf dan hormon serta tumbuh kembang anak," ujar Hardinsyah saat ditemui saat acara Sosialisasi Pentingnya Sarapan Bergizi Melalui Inspirasi Resep Blue Band di bilangan Kebagusan, Jakarta Selatan, Selasa, 10 November 2015

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa Omega 3 dan 6 akan membuat tubuh menyerap vitamin dengan lebih baik sehingga pertumbuhan fisik anak juga akan semakin optimal.

Karena tidak diproduksi tubuh, maka asupan Omega 3 perlu diperoleh dari makanan, seperti ikan salmon, tuna, belut, minyak ikan, minyak flaxseed, minyak kanola, kenari, kedelai, margarin yang diperkaya Omega 3 dan sebagainya. 

Selain itu, makanan yang mengandung Omega 6 antara lain minyak jagung, minyak biji matahari, minuyk zaitun, wijen, telur, susu, kedelai, kacang-kacangan, margarin dan lain-lain.

Kedua jenis asam lemak tadi juga memiliki manfaat lainnya seperti membantu pembentukan tulang, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu kontraksi otot agar mudah bergerak dan masih banyak lagi.

Lalu berapa banyak asupan Omega 3 dan 6 yang dibutuhkan anak per hari?

"Semakin bertumbuhnya usia, kebutuhan tubuh akan asupan Omega 3 dan 6 juga bertambah. Namun, untuk usia anak-anak kebutuhan Omega 3 sekitar 1.200 miligram dan Omega 6 sekitar 12.000 miligram per hari," kata Hardinsyah. (ren)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya