Apakah Sari Manggis Efektif Cepat Turunkan Kolesterol?

Ilustrasi cek kolesterol
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id - Bicara tentang kesehatan tubuh, maka kita tidak bisa jauh dari membicarakan kolestrol. Untuk menghindarinya, konon sari buah manggis bisa menurunkan kolestrol dengan cepat.

Apalagi, saat ini sari buah manggis sudah dijual dalam bentuk kemasan, dan bisa diperoleh di banyak toko serba ada. Namun, apakah ia benar-benar manjur?

Dokter Nina Amelia Gunawan dari Meetdoctor menjelaskan, senyawa xanthone yang terkandung dalam buah manggis memang terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol darah dan mencegah perlengketan lemak pada dinding pembuluh darah, sehingga hal ini mengurangi risiko terjadinya atherosklerosis (pengerasan pembuluh darah).

“Meski demikian, masih perlu dilakukan penelitan lebih lanjut untuk menentukan anjuran konsumsi manggis yang efektif guna menurunkan kadar kolesterol,” ujarnya.
 
Selain olahraga, kadar kolesterol juga ditentukan pola diet. Bagi para penderita hiperkolesterolemia (kadar kolesterol berlebih), sangat dianjurkan untuk membatasi asupan minyak dan lemak jenuh (misalnya mengurangi jenis makanan yang digoreng, makanan bersantan dan berlemak/ bergajih).

Baiknya diganti dengan jenis lemak tak jenuh, misalnya alpukat, kacang-kacangan, dan minyak zaitun. Selain itu, konsumsi lebih banyak serat berupa sayuran ataupun olahan gandum yang terbukti dapat membantu mengikat lemak berlebih, sehingga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat, serta meningkatkan kadar kolesterol baik.

“Hindari kebiasaan merokok dan konsumsi alkohol yang dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung koroner, stroke, maupun gangguan pembuluh darah lain,” ujarnya. 

Tujuh Makanan Ini Mampu Jaga Keseimbangan Hormon

Jangan lewatkan program interaktif #dokterVIVA bersama MeetDoctor setiap hari Rabu, pukul 10.00-12.00 WIB di Facebook VIVAlife, Twitter @VIVAlife_ dan Periscope VIVA.co.id.

Ilustrasi tempat tidur.

Aktivitas Asyik Bersama Pasangan Usai Bercinta

Salah satunya berbincang santai dengan adanya bumbu humor.

img_title
VIVA.co.id
11 Maret 2017