GeMa CerMat: Cara Meningkatkan Kesehatan Masyarakat

Ilustrasi suplemen.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id - Dari hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2013, tercatat ada sekitar 35,20 persen orang Indonesia yang menyimpan obat di rumah. Dari jumlah tersebut, sekitar 27,8 persen, menyimpan antibiotik dan 82 persen menyimpan obat bebas.

Pemerintah Diminta Sediakan Jaminan Bagi Pekerja Informal

Menyadari semakin banyaknya masyarakat menggunakan obat tanpa resep dokter, pemerintah mencanangkan GeMa CerMat atau Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat, pada 13 November 2015 yang diresmikan Menteri Kesehatan, Nila F Moeloek.

Berdasarkan UU Nomor 36 tahun 2009 tentang Kesehatan, pemerintah harus memberdayakan dan mendorong peran aktif masyarakat untuk meningkatkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan hidup sehat. Sayangnya, salah satu penyebab irasional tersebut (banyaknya masyarakat menggunakan obat tanpa resep dokter), adalah karena dokter sendiri.

Stimulasi Otot Elektrik, Cara Baru Dapatkan Tubuh Bugar

"Kami malu mengatakan, sumber terbesar yang membuat irasional adalah dokter," ujar Ketua Komite Pengendalian Resistensi Obat, Prof.dr.Taralan Tambunan,Sp.A(K) dalam acara GeMa CerMat di kantor Kementerian Kesehatan, Jakarta Selatan, Selasa, 24 November 2015.

Taralan mengatakan, target pihaknya adalah bagaimana secara internal dokter, menggunakan obat dengan baik. Untuk itu mereka bekerjasama dengan farmasi dan dinas kesehatan.

Tujuh Makanan Ini Mampu Jaga Keseimbangan Hormon

Kurangnya pemahaman masyarakat tentang penggunaan obat, menyebabkan penggunaan antibiotik secara tidak tepat, penggunaan obat bebas, dan bebas terbatas, tanpa supervisi tenaga kesehatan.

(mus)

Ilustrasi tempat tidur.

Aktivitas Asyik Bersama Pasangan Usai Bercinta

Salah satunya berbincang santai dengan adanya bumbu humor.

img_title
VIVA.co.id
11 Maret 2017