Ini Waktu yang Tepat untuk Ganti Sikat Gigi

Ilustrasi sikat gigi
Sumber :
  • Pixabay
VIVA.co.id
Tips Agar Si Kecil Semangat Gosok Gigi Sebelum Tidur
- Manusia cenderung menyepelekan hal-hal kecil yang sebenarnya sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya, adalah dalam hal sikat gigi.

Lima Kebiasaan yang Memperburuk Gigi Sensitif
Banyak orang menyimpan sikat gigi begitu saja tanpa dirawat dengan benar. Banyak pula yang memakai sikat gigi yang sama selama jangka waktu yang teramat panjang. Padahal, itu bisa membahayakan kesehatan gigi dan mulut.

Tips Mengatasi Gigi Sensitif
Menurut drg. Ratu Mirah Afifah GCClinDent, MDSc, Head of Professional Relationship Oral Care, PT Unilever Indonesia Tbk, sikat gigi wajib diganti setiap tiga bulan sekali. Namun, ia mengatakan ada hal-hal khusus yang menjadi alasan bahwa sikat gigi harus diganti, bahkan sebelum tiga bulan. 

"Jika Anda terbiasa menyikat gigi dengan tekanan keras, maka sikat gigi perlu diganti sebelum tiga bulan karena biasanya bulu sikat telah berubah, baik bentuk dan warna," ujar Mirah saat ditemui beberapa waktu lalu.

Tak hanya itu, ia juga mengatakan bahwa sikat gigi disarankan untuk diganti bila bulu sikat sudah mulai mengembang atau rusak karena dianggap sudah tidak efektif membersihkan rongga mulut.Nah, jika Anda menderita flu, sikat gigi juga harus segera diganti.

"Tak hanya flu, saat radang tenggorokan dan infeksi rongga mulut sikat juga harus diganti agar tidak ada perkembangan bakteri di sikat gigi, yang berisiko memperburuk kesehatan Anda," kata dia.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya