Cara Mudah Cegah Perut Kembung

Ilustrasi konstipasi
Sumber :

VIVA.co.id - Perut kembung memang masalah sederhana yang bisa cepat disembuhkan. Namun, hal itu akan menjadi lebih serius jika menyerang hampir setiap hari.

Manfaat Sehat Jalani Peregangan Tubuh Secara Rutin

Bila itu terjadi, bisa saja perut kembung timbul karena makanan yang dikonsumsi salah, sehingga membuat gas ada di dalam perut semakin susah keluar.

Ricky Hay, seorang ahli nutrisi dan antipenuaan membagi rahasia terbaik untuk mencegah kembung, seperti dilansir Daily Mail, yakni:

Kurangi konsumsi makanan mengandung gas


Kacang, bawang, brokoli, kubis, kecambah, kembang kol adalah contoh makanan yang menghasilkan gas. Sebagai gantinya, konsumsi apel dan buah pir yang kaya kandungan pectin.

Konsumsi pisang, kiwi dan stroberi

Buah-buah tersebut kaya akan kandungan potasium yang berperan sebagai diuretik dan meningkatkan jumlah garam di dalam urin.

Hindari permen karet

Mengunyah permen karet yang mengandung xylitol, sorbitol, atau mannitol bisa meningkatkan produksi gas di dalam sistem pencernaan

Konsumsi jus lidah buaya

Tumbuhan ini mengurangi peradangan di bagian dalam, dan kelebihan lainnya adalah bisa membantu meningkatkan kondisi kulit, mencegah eksim dan rosacea.

Kurangi konsumsi produk olahan susu

Penyebab utama perut kembung adalah intoleransi laktosa. Mengurangi konsumsi produk olahan susu merupakan langkah awal terbaik mencegah kembung. Anda bisa mengganti produk olahan susu dengan yogurt kelapa atau susu beras.

Ilustrasi pelayanan medis.

Pemerintah Diminta Sediakan Jaminan Bagi Pekerja Informal

Baik berupa Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKm).

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016