Ini Alasan Nugget Tidak Baik Bagi Tubuh

Ilustrasi nugget ayam
Sumber :
  • Pixabay
VIVA.co.id
Ridwan Kamil: Mi Bikini 'Remas Aku' Kreatif yang Meresahkan
- Chicken nugget atau nugget ayam, makanan ini mungkin terdengar akrab, khususnya bagi anak-anak. Tapi, pernahkah Anda berpikir apakah makanan ini sehat untuk dikonsumsi? 

Terobosan Baru, Mesin Nugget Berbahan Lego
Makanan berbahan dasar ayam ini sering dijumpai di supermarket, banyak pula yang dijual dengan berbagai merek, mulai dari yang terjangkau hingga yang mahal sekalipun. Meski begitu, ini tidaklah menjamin, bahwa nugget ayam adalah makanan yang sehat untuk dikonsumsi.

Sepuluh Makanan Paling Berbahaya yang Bisa Bunuh Anda
Komponen yang paling penting dari nugget ayam memanglah ayam. Rantai produksi pangan peringkat atas pun mengklaim bahwa, mereka hanya menggunakan daging dari dada ayam untuk membuat nugget ini. Namun, bagaimana dengan komponen lainnya?

Nugget yang dibuat oleh banyak perusahaan besar, biasanya menggunakan bahan-bahan seperti Tert-Butil Hidoksi Quinon (TBHQ), GMO jagung, MSG, dimetil polisiloksan anti busa, sodium, hidrogensi minyak kedelai, gula dan dikelantang gandum.

Berikut adalah alasan mengapa chicken nugget buruk bagi kesehatan, dilansir dari Boldsky.

Pengaruh hidrogenasi minyak kedelai
Minyak ini pada dasarnya mengandung lemak trans, yang dapat menjadi alasan penyebab obesitas. Selain itu, minyak ini bertanggung jawab atas penyakit jantung, bersama dengan peradangan dalam tubuh Anda.

Efek samping dari gula
Gula yang digunakan untuk membuat nugget ialah gula dalam bentuk dekstrosa. Terlalu banyak mengkonsumsinya dapat membuat lemak tersimpan dalam tubuh Anda. 

Ya, lemak memang dibutuhkan, karena merupakan bahan bakar untuk tubuh Anda, tetapi lemak yang berlebihan hanya dapat menyebabkan bencana. Selain itu, orang dengan diabetes juga harus menghindari makanan ini, karena gula dapat menyebabkan hiperglikemia.

Terlalu banyak sodium
Anda akan menyadari mengapa nugget ayam buruk bagi kesehatan, jika Anda tahu jumlah natrium dalam makanan ini. 10 nugget ayam mengandung sekitar 1000 miligram natrium, sedangkan seseorang hanya perlu 2.000-3.000 mg sodium per hari. Karena tidak ada kalium dalam nugget untuk menyeimbangkan sodium, tekanan darah Anda dapat meningkat ke tingkat yang berbahaya.

Gandum kelantang
Jika Anda membuat nugget ayam di rumah, Anda mungkin akan menggunakan tepung bebas gluten, yang tidak buruk bagi kesehatan Anda. Tapi, nugget di pasaran terbuat dari gandum kelantang di mana gluten adalah komponen pentingnya. Hal ini meningkatkan tingkat gula darah Anda. 

Kandungan buruk
TBHQ adalah produk berbasis minyak bumi. Hal ini dapat menyebabkan mutasi sel, kerusakan hati, kerusakan sistem reproduksi, perubahan biokimia, dan lain lain. 

Anda akan mendapatkan kejutan mendengar tentang elemen terakhir. Produk berbasis silikon ini digunakan dalam pembuatan kosmetik dan sebagai pengisi dalam implan payudara. 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya