Cara Cegah Kanker Ala Tatjana Saphira

Tatjana Saphira berperan sebagai Mia dalam film I Am Hope
Sumber :
  • ANTARA/Julius Wiyanto

VIVA.co.id - Berperan sebagai Mia, gadis penderita kanker dalam film I Am Hope, membuatnya lebih peduli terhadap kanker. Artis cantik, yang memiliki nenek penderita kanker ini menyarankan untuk melakukan deteksi dini.

"Kalau sudah tahu kanker pasti takut dengan penyakit ini. Tapi ada hal lain yang perlu diketahui selain rasa takut, orang juga harus lebih aware. Peduli pada kanker dengan melakukan deteksi sedini mungkin," ujarnya usai acara YKI Cancer Walk di fX Senayan, Jakarta, Minggu, 28 Februari 2016.

Kendati memiliki potensi lantaran salah satu penyebab kanker adalah faktor genetik, namun tidak lantas membuatnya gadis 19 tahun tersebut menjadi takut. Dia justru berpikir apa yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan.

"Ini justru menjadi peringatan bagi saya agar menjalani hidup sehat, dan sering melakukan pemeriksaan," kata dia.

Meski masih muda, kesadaran gadis yang disapa Tata ini untuk menjaga kesehatan diri sangat tinggi. Terbukti dari cara dia menjalani pola hidup sehat, dan melakukan vaksin untuk pencegahan kanker serviks. Sebagai informasi, vaksin ini bisa dilakukan sejak usia 10 hingga 55 tahun.

Bintang film Negeri Van Oranje ini juga rutin melakukan cek kesehatan seluruh tubuh setiap satu tahun sekali. Selain itu, dia juga menjalani gaya hidup sehat dengan cukup tidur, konsumsi makanan sehat, serta olahraga teratur.

"Gaya hidup sehat dengan konsumsi sayuran hijau, kurangi daging merah, dan memperbanyak makanan yang kaya omega 3. Juga didukung dengan olahraga, kalau saya biasa nge-gym dan lari, tapi kalau tidak sempat, tidak perlu olahraga berat, biasakan saja berenang, yang penting tetap berolahraga," tuturnya.                         

Cara Sederhana Deteksi Kanker
Ilustrasi kanker.

Kanker, Penyakit Mahal yang Umum di Negara Miskin

Di Indonesia, konsumsi gorengan dan rokok jadi bagian dari kebiasaan.

img_title
VIVA.co.id
29 Juli 2016