Terlalu Bersih Justru Picu Alergi

Ilustrasi alergi.
Sumber :
  • www.dailymail.co.uk

VIVA.co.id – Memang baik memiliki kebiasaan hidup serba bersih dan higienis. Namun tahukah bahwa kebiasaan hidup bersih justru memicu potensi alergi lebih tinggi lagi.

37 Alergi Diderita Wanita Ini, Bagaimana Caranya Hidup?

Hal ini berhubungan dengan teori hipotesis higiene yang mengindikasikan angka kejadian alergi di negara maju lebih tinggi dibandingkan negara berkembang. Ini sama halnya dengan angka alergi di kota yang lebih tinggi daripada desa.

Hipotesis higiene adalah sebuah teori yang menyatakan jika peningkatan kebersihan akan meningkatkan angka kejadian alergi dan penyakit yang berhubungan dengan kekebalan.

Ibu-ibu, Begini Cara Ampuh Bersihkan Getah Buah Nangka

Seperti dijelaskan oleh Prof Budi Setiabudiawan, Konsultan Alergi-Imunologi Anak RSUP Dr.Hasan Sadikin Bandung kepada VIVA.co.id. Menurut dia, kurang terpapar kotoran justru akan membuat sistem kekebalan tidak terlatih.

"Alergi diperantarai sel T helper2 atau Th2 yang tinggi. Anak-anak yang tidak bersih Th1 nya tinggi, sering kena infeksi, jadi justru menekan Th2 yang membuat mereka jadi tidak mudah alergi," Budi menjelaskan alasannya.

7 Tips Liburan Seru untuk Si Alergi Makanan
Dokter NYU Meninggal Karena Alergi Makanan di Restoran Disney, Suami Tuntut Kead

Dokter NYU Meninggal Karena Alergi Makanan di Restoran Disney, Suami Tuntut Keadilan

Seorang dokter Universitas New York meninggal tak lama setelah makan di salah satu restoran Disney di Florida, sedangkan suaminya yang berduka menyalahkan pelayan.

img_title
VIVA.co.id
27 Februari 2024