Lima Alasan Anak Pertama Banyak Kelebihan

Anak tertawa dan bermain.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id - Bukan berarti anak kedua, ketiga, dan seterusnya bukanlah yang terbaik. Namun menurut peneliti, anak pertama memiliki lebih banyak kelebihan, jika dibandingkan dengan adik-adiknya. 

Stimulasi Kepintaran Anak Lewat Membaca
 
Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa urutan kelahiran memiliki peran penting dalam perkembangan anak. Berikut ini lima alasan anak pertama adalah yang terbaik, seperti dilansir Huffington Post.
Pelajaran Moral dan Budaya dalam Kurikulum Sekolah
 
Lebih pintar
Tips Mengajarkan Anak Merawat Rambut
 
Peneliti mengatakan bahwa anak tertua memiliki IQ lebih tinggi dibanding saudara mereka. Pada penelitian 2007, dari 250 ribu orang Norwegia yang diteliti, rata-rata mereka memiliki IQ 2,3 lebih tinggi dari saudaranya.
 
Peneliti percaya ini terjadi karena pengaruh lingkungan, bukan genetik. Anak tertua lebih sering mengajari adik-adiknya, di mana hal ini membantu mereka untuk mendapat informasi lebih baik.
 
Lebih bertanggung jawab
 
Anak tertua cenderung menjadi seseorang yang paling fokus, pada kesetiaan dan keberhasilan dalam keluarga. Dan sebagai hasilnya, mereka sering terlihat sebagai orang yang lebih bertanggung jawab dan penurut
 
Lebih sukses
 
Menurut ahli psikologi Ben Dattner, anak pertama terlahir untuk berorientasi pada keberhasilan dan berkeinginan untuk menyenangkan orang tua mereka. 
 
Peneliti juga mengatakan bahwa anak pertama cenderung mendominasi adik-adiknya sebagai sosok yang memiliki wewenang. Kondisi ini membuat mereka siap mengambil peran pimpinan dalam dunia profesional.
 
Taat pada peraturan
 
"Anak pertama cenderung bertanggung jawab, kompetitif, dan menjaga tradisi keluarga. Beda dengan anak kedua yang cenderung senang bermain, pemberontak," ujar psikolog asal Belgia, Vassilis Saraglou.
 
Lebih teliti
 
Dalam penelitian pada 2015, ditemukan bahwa anak pertama lebih teliti, lebih ramah, dibanding adik-adiknya. 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya