Cara Identifikasi Miom Sejak Dini

Ilustrasi wanita
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id - Miom merupakan pertumbuhan sel otot rahim secara abnormal di dalam atau di sekitar uterus yang tidak bersifat kanker atau ganas.

Pemerintah Diminta Sediakan Jaminan Bagi Pekerja Informal

Sekitar 75 persen wanita pernah memiliki miom. Umumnya, kondisi ini tidak diketahui oleh sebagian wanita yang mengalami karena tidak muncul gejalanya. Namun, ada beberapa ciri yang dapat membantu Anda dalam mengidentifikasi miom. Beberapa di antaranya adalah rasa sakit dan nyeri saat buang air kecil atau menstruasi, hadirnya benjolan layaknya orang hamil di bagian perut bawah.

"Ciri-ciri miom itu biasanya kalau di USG terlihat jelas bila dalam masa ukuran kecil. Namun, jika sudah membesar biasanya akan terjadi sakit yang luar biasa di bagian bawah perut," ujar dr. Ogi Dewangga, SpOg selaku dokter kandungan kepada VIVA.co.id, belum lama ini.
Manfaat Sehat Jalani Peregangan Tubuh Secara Rutin
 
Ia menjelaskan, bahwa ukuran dari miom sangat bervariasi, ada yang sekecil biji dan ada juga yang berukuran besar hingga mengakibatkan rahim membesar. Miom yang muncul mungkin hanya satu atau bisa juga muncul beberapa secara sekaligus.
Cara Tepat Tangani Luka Kulit agar Tak Berbekas
 
Faktor yang memperkuat munculnya miom, seperti berat badan berlebih, adanya faktor keturunan. Tidak hanya itu, faktor lain yang bisa meningkatkan risiko munculnya miom adalah menstruasi yang dimulai terlalu dini, banyak mengonsumsi daging merah dibandingkan sayuran dan buah-buahan, serta kebiasaan mengonsumsi alkohol.
 
(mus)
 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya