Makanan yang Membuat Liver Sehat

Ilustrasi Brokoli.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Liver Anda bekerja seharian penuh tanpa istirahat agar tubuh aman. Membersihkan apa pun yang masuk ke dalamnya. Tentu saja, racun memasuki sistem tubuh Anda, baik melalui asupan makanan serta lingkungan.

Konsumsi 5 Sayuran dan Buah Ini Bisa Buka Sumbatan Jantung

Salah satu bagian tubuh ini juga mencegah berbagai masalah kesehatan jika Anda memperlakukannya dengan hati-hati. Oleh karena itu, liver juga butuh asupan agar tetap sehat, berikut makanan yang membuat liver sehat, seperti dilansir laman Boldsky.

Brokoli

Aturan Konsumsi Kalsium Harian untuk Kesehatan Tulang

Warna hijau brokoli mengandung klorofil dan anti-oksidan. Sayuran kaya serat ini membersihkan tubuh dari racun. Hal ini juga membantu liver dalam memproduksi enzim tertentu yang membantu proses detoksifikasi.

Bit

Mengandung Vitamin K, 4 Makanan Ini Cegah Pendarahan dan Memar Berlebihan

Bit baik untuk liver Anda. Bit juga dapat membersihkan darah dan meningkatkan fungsi liver, karena kaya akan serat, anti-oksidan, zat besi, asam folat, dan banyak nutrisi lainnya. Disarankan untuk memasukannya dalam asupan Anda sehari-hari.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan mengandung serat yang membantu mengeluarkan racun dari tubuh. Selain itu, dapat menyediakan protein untuk tubuh.

Lemon

Banyak orang mengetahui bahwa lemon merupakan makanan pembersih. Lemon kaya akan vitamin C dan anti-oksidan yang membantu fungsi liver Anda. Buah berwarna kuning ini juga membantu mengeluarkan racun, memudahkan pencernaan, dan ekskresi.

Apel

Apel memiliki serat yang membantu detoksifikasi darah Anda. Apel juga mengandung zat-zat pembersih lain yang baik buat tubuh Anda.

Bawang merah

Bawang merah mengandung allicin dan baik untuk sistem pencernaan dan liver. Bawang merah juga salah satu dari makanan pembersih liver meskipun memiliki bau yang tajam.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya