Aturan Konsumsi Kalsium Harian untuk Kesehatan Tulang

Ilustrasi sumber kalsium.
Sumber :
  • U-Report

VIVA Lifestyle – Kalsium menjadi salah satu zat yang dibutuhkan tubuh untuk kesehatan tulang. Kalsium sendiri bisa didapatkan dari berbagai jenis makanan lantaran tubuh tidak bisa memproduksi kalsium sendiri.

7 Manfaat Luar Biasa Buah Pepaya untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Jaga Kesehatan Kulit

Berbicara mengenai tulang, ternyata ada beberapa hal yang perlu diperhatikan salah satunya berkaitan dengan usia. Spesialis Gizi Klinik, dr. Verawati Sudarma, M.Gizi, Sp.GK, kepadatan tulang berubah seiring waktu.

"Sebenarnya seseorang umur 30 akhir terjadi perubahan tulang komposisi, struktur, dan fungsinya," kata dia dalam program Hidup Sehat tvOne, Senin 1 Mei 2023. Yuk lanjut scroll artikel selengkapnya berikut ini.

7 Manfaat Tempe untuk Kesehatan Tubuh, Jadi Sumber Protein untuk Kesehatan Tulang

Kalsium

Photo :
  • Times of India

Lebih lanjut diungkap oleh Verawati Sudarma, menurutnya makanan yang mengandung vitamin D dan kalsium dapat membantu pertumbuhan tinggi badan seseorang.

8 Manfaat Susu Kedelai untuk Kesehatan, Bisa Meredakan Gejala Menopause

"Kalsium dan vitamin D berpengaruh kalau kalsium 99 persen kalsium di tulang, vitamin dibantu regulasi asupan kalsium kurang ambil cadangan di kalsium, kadar kalsium lebih akan ambil," kata dia.

Beberapa makanan yang mengandung kalsium antara lain brokoli, kembang kol, pakcoy, hingga susu.

Sumber kalsium.

Photo :
  • U-Report

Namun, diantara jenis sayuran brokoli diketahui memiliki penyerapan kalsium yang cukup tinggi diantara jenis sayur lainnya yakni 50 persen.

"Kemampuan tubuh serap kalsium kurang lebih diserap 30 persen. Penyerapan tinggi pada brokoli 50 persen, pokcoy, kembang kol, kale. Susu kalau diminum yang diserap tubuh 30 persen. Kalau lihat kemasan susu 1 bungkus kandung 300 kalsium sebenarnya diserap tubuh hanya 30 persen atau 100 mg. Sementara kacang-kacangan seperti almond edamame, kalsium itu 20 persen yang bisa diserap tubuh," kata dia.

Untuk konsumsi harian kalsium, Verawati Sudarma untuk konsumsi susu bisa 200-250ml per hari.

Ilustrasi sumber kalsium.

Photo :
  • U-Report

Verawati bahkan menyebut bahwa ada baiknya pilih susu rendah lemak, sebab kebanyakan susu rendah lemak yang ada di pasaran sering menambahkan kandungan kalsium.

"Kita kaitan susu dalam susu ada semuanya kesehatan tulang protein vitamin magnesium fosfor kalsium ada di susu. Kalau 200-250ml per hari kalsium 200-300 mg, almond 1/3 dosis kurleb 120mg diserap tubuh 40-50mg. sayur brokoli 1, bayam itu diserap 5-10 persen ada oksalat menghambat penyerapan kalsium," kata dia. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya