Cara Jitu Cegah Kepikunan pada Lansia

Ilustrasi Lansia
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Salah satu permasalahan yang dihadapi oleh mereka yanag telah lanjut usia adalah kepikunan. Beberapa cara diketahui dan terbukti efektif mencegah dan memperlambat kepikunan.

Hanya 13 Persen Lansia Sehat di Indonesia

Salah satu yang paling sering didengar adalah dengan memberikan teka teki silang pada orang tua untuk mempertajam daya ingat. Ini juga disebut brain exercise atau olahraga otak. Hal tersebut dibenarkan oleh Ketua PERGEMI (Persatuan Gerontologi Medik Indonesia) Prof. Dr. Siti Setiati,SpPD.KGer.

"Olahraga atau bergerak dapat membuat aliran darah ke otak mendapat cukup oksigen, selain itu juga konsumsi makanan sehat. Selain itu juga perlu diberikan aktivitas yang merangsang aktivitas otak,” kata Siti saat ditemui di kantor Kementerian Kesehatan RI, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis, 26 Mei 2016.

Jokowi Ajak Main Jan Ethes, Ini Manfaat Ngemong Cucu bagi Kesehatan

Ia juga menyarankan agar Anda selalu meminta orang tua untuk terus belajar. Dengan begitu otak akan dirancang untuk terus beraktivitas.

“Baca sesuatu yang baru, jangan hal yang sama tapi diulang-ulang. Kalau perlu orang tua bisa sekolah lagi. Kalau sudah mulai malas belajar itu tanda mulai tua,” ujar dia.

Tips Traveling Aman dan Nyaman Bagi Lansia

Tidak hanya belajar, ternyata memainkan permainan online dan penggunaan laptop pun bisa membantu orang tua mencegah dan memperlambat terjadinya kepikunan.

"Intinya itu jangan berhenti belajar, belajar bermain game di ponsel juga bisa, atau ajari orang tua untuk menggunakan laptop," imbuhnya.

Optimalkan Fungsi Kognitif Lansia Sehat

Kesehatan Masa Tua Terjaga, Lansia Bahagia

Masalah kesehatan lansia kini telah menjadi isu yang banyak diperbincangkan.

img_title
VIVA.co.id
6 Mei 2022