Indonesia Siap jadi Destinasi Wisata Aman untuk Lansia

MoU ELM WOOD dengan Asosiasi Senior Living Indonesia
Sumber :
  • VIVA.co.id/Diza Liane Sahputri

VIVA.co.id – Tak bisa dipungkiri bahwa Indonesia memiliki ragam kekayaan alam dan budaya yang menarik untuk dipamerkan ke wisatawan asing. Terlebih, hal tersebut cukup membuat wisatawan asing lanjut usia (lansia), memiliki pengalaman berbeda dengan mengenal Indonesia.

4 Wisatawan yang Terseret Air Bah di Baubau Ditemukan Meninggal

Salah satunya yaitu wisatawan lansia asal Australia yang telah dijamin keamanan serta kenyamanannya selama berkunjung ke Indonesia. Hal tersebut, dibenarkan oleh Chair ELM Wood, Astrid Vasile, yang menjelaskan beberapa kebutuhan yang diberikan pada lansia.

"Kita bukan travel agent, tapi ingin memberikan para lansia mancanegara itu sebuah retirement untuk tinggal dalam sementara waktu di Indonesia. Karena kami akan memfasilitasi kebutuhannya, meriset tempat-tempat mana saja yang sesuai dengan karakteristik dari wisatawan asing itu," ujar Astri yang ditemui usai MoU ELM WOOD dengan Asosiasi Senior Living Indonesia di kawasan Sudirman, Jakarta, Senin, 10 Oktober 2016.

Uji Coba Masuk Bali Tanpa Karantina Mulai 14 Maret, Ini Ketentuannya

Sehingga, secara resmi, ELM WOOD menjadi penyelenggara tur khusus lansia pertama di Indonesia dengan rombongan perdananya yaitu wisatawan Australia. Tujuan tur wisata ini juga tidak melulu mengenai Bali, sebab, banyak tempat di Indonesia yang memiliki ciri khas yang unik.

"Sentul dan Jampang Village, kami jadikan sebuah tempat yang aman dan nyaman untuk rekreasi para lansia. Di sana mereka bisa melihat pencak silat, main angklung, dan kebudayaan seni khas Indonesia," ujarnya menambahkan.

Satpol PP DI Yogyakarta: Kepatuhan Wisatawan Pakai Masker Rendah

Lansia sendiri, kata spesialis radiologi ELM WOOD, dr. Rahmi Alfiah Nur Alam, memang memiliki sebuah kebutuhan khusus. Karena itu, ia memberikan solusi dengan adanya caregiver untuk menemani para lansia di saat berwisata.

"Sebaiknya grup yang dibawa, masih kelompok kecil sekitar 20 orang. Jadi, caregiver yang terlatih, bisa memegang lima hingga enam orang lansia. Selain itu, selalu ada pemeriksaan kesehatan rutin setiap pagi dan sore," ujarnya saat ditemui di kesempatan yang sama.

Optimalkan Fungsi Kognitif Lansia Sehat

Kesehatan Masa Tua Terjaga, Lansia Bahagia

Masalah kesehatan lansia kini telah menjadi isu yang banyak diperbincangkan.

img_title
VIVA.co.id
6 Mei 2022