Titik Akupresure untuk Tingkat Konsentrasi saat Puasa

akupuntur
Sumber :
  • Pixabay/ Andreas

VIVA.co.id – Kesulitan untuk mengingat dan konsentrasi, sering dikeluhkan oleh banyak orang. Apalagi biasanya di bulan puasa, orang tetap harus beraktivitas, namun sering kali kesulitan untuk fokus. Nah, ada cara mudah, namun ampuh untuk dicoba guna mempermudah otak untuk fokus kembali.

5 Cara Ampuh Atasi Mata Bengkak Akibat Kurang Tidur

Dilansir laman Boldsky, teknik akupresur, yaitu proses menekan dengan jari tangan pada beberapa titik di tubuh yang diyakini mampu melancarkan aliran darah dan menurunkan rasa sakit. Sekilas terlihat sama dengan teknik akupuntur yang menekan beberapa titik di tubuh, bedanya terletak pada penggunaan jarum yang digunakan saat akupuntur.

Teknik-teknik tersebut, sebenarnya menjelaskan bahwa tubuh manusia memiliki kemampuan hebat, yaitu menyembuhkan dirinya sendiri, di mana proses tersebut dilakukan tubuh tanpa bantuan obat-obatan medis maupun herbal. Pada teknik akupressur, terdapat dua titik penekanan yang diyakini mampu mengembalikan fokus dan konsentrasi Anda.

Tekan 3 Titik di Tubuh, Sehatkan Paru-paru dan Tingkatkan Imunitas

Titik di area punggung kaki

Ada dua titik akupresur yang dapat secara signifikan meningkatkan konsentrasi Anda, fokus, dan memori. Titik yang pertama ada di area punggung kaki.Titik di area punggung kaki ini adalah tempat di mana tulang-tulang jempol kaki dan jari kaki lainnya berada. Yang harus Anda lakukan adalah meletakkan jari tangan telunjuk di atas area punggung kaki, tekan lembut selama sekitar 3-4 menit.

Tekan Titik Akupresur di Dekat Telinga, Bantu Turunkan Berat Badan

Setelah itu, lepaskan tekanan dan ulangi proses itu selama empat sampai lima kali sepanjang hari. Melakukan hal ini, secara teratur, dapat meningkatkan konsentrasi Anda, fokus dan kemampuan untuk mengingat banyak hal.

Titik di samping alis

Untuk aliran titik ini, terletak tidak jauh di samping alis mata Anda. Lakukan penekanan pada kedua titik ini sekitar tiga menit.

Sama seperti sebelumnya, berhenti sejenak lalu ulangi proses tersebut selama empat hingga lima kali sehari. Tidak hanya diyakini dapat meningkatkan konsentrasi, menekan titik ini juga mampu meredakan stres dan menenangkan tubuh juga pikiran Anda.

Perlu diingat, penekanan yang dilakukan harus tegas dan perlahan juga konsisten. Walaupun teknik ini terkesan sederhanan, namun apabila dilakukan secara rutin maka hasilnya akan efektif untuk kesehatan tubuh Anda. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya