Ketahui Delapan Penyebab Gusi Berdarah

ilustrasi gigi
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Jika Anda mengabaikan kesehatan gigi, gusi dan mulut, kemungkinan besar Anda akan mengalami gusi berdarah. Ya, ada banyak alasan yang dapat menyebabkan masalah ini terjadi.

Atlet Rentan Alami Kerusakan Gigi, Awas Bisa Berdampak ke Seluruh Tubuh

Nah, jika Anda merasa sering menemukan gusi Anda berdarah saat menggosok gigi di pagi dan malam hari, maka Anda tak boleh menyepelekannya. Ketahui lebih dulu penyebabnya.

Simak delapan di antaranya, seperti dilansir dari laman Boldsky.

Mengenal Teknologi System Protective Layer (SPL) untuk Merawat Kesehatan Gigi dan Mulut

- Kebersihan oral yang buruk dapat menyebabkan inflamasi dan ini akan mengakibatkan gusi berdarah. Ketika terjadi penumpukan tartar pada gigi, gusi bisa iritasi dan bengkak.

- Ketika gigi tumbuh miring atau tidak normal, sulit untuk menyikatnya. Nah, hal ini secara bertahap akan membuat kuman tersangkut di sudut-sudut gigi juga gusi hingga membusuk. Ini juga mampu menyebabkan gusi berdarah.

Risih dengan Bau Mulut Tak Sedap saat Puasa? Simak, Ini Cara Cegahnya

- Menyikat gigi menggunakan sikat dengan bulu yang kasar akan meningkatkan risiko gusi berdarah.

- Kekurangan asupan vitamin C dapat menyebabkan gusi nyeri dan bengkak, serta mudah berdarah.

- Dalam beberapa kasus, kekurangan vitamin K juga bisa menjadi penyebab gusi berdarah. Vitamin K adalah agen yang mampu membuat darah beku. Ketika Anda kekurangan vitamin K, maka pendarahan bisa terjadi di beberapa tempat, termasuk gusi.

- Saat wanita mengalami perubahan hormonal, seperti ketika masa pubertas, kehamilan, menopause atau menggunakan alat kontrasepsi, gusi berdarah bisa saja terjadi.

- Beberapa obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan gusi berdarah. Bahkan obat seperti aspirin dan prosedur medis, seperti kemoterapi.

- Masalah pada hati juga bisa berperan menyebabkan gusi berdarah. Mereka yang mengonsumsi minuman beralkohol berlebihan mungkin menderita gvusi berdarah ketika metabolisme hati terganggu. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya