Awas! Penyakit Gusi Bisa Merenggut Kejantanan Pria

Ilustrasi pria sakit gigi
Sumber :
  • pixabay/ Gerd Altmann

VIVA Lifestyle  –  Ada yang bilang lebih baik sakit hati daripada sakit gigi! Mungkin hal ini bisa jadi benar adanya. Karena masalah kesehatan mulut dan gigi bisa sangat menyiksa. Bahkan penyakit gusi-pun bisa berbahaya dan bisa mempengaruhi kehidupan seksual pasangan suami istri. Bahkan yang lebih mengerikan, penyakit gusi bisa merenggut kejantanan pria. 

6 Rekomendasi Jus Penambah Stamina Pria, Tingkatkan Performa di Ranjang

Dikutip laman Metro.co.uk, lebih dari satu miliar kasus penyakit gusi di seluruh dunia. Dan penyakit ini memang umum dialami. Faktanya, penyakit ini mempengaruhi sebagian besar orang dewasa di Inggris, yaitu sebesar 19 persen dari populasi global. Jika tidak diatasi, penyakit ini tidak hanya dapat merusak kesehatan mulut, tetapi juga kesehatan seksual pasutri.

Penyakit gusi sendiri disebabkan oleh adanya penumpukan plak pada gigi, dengan gejala berupa gusi merah, bengkak dan nyeri, serta berdarah. Seperti yang dijelaskan oleh Abbas Kanani, pengawas apoteker di Chemist Click di Inggris, hal ini juga dikaitkan dengan sejumlah masalah lainnya.

Masih Jarang Diketahui, Ini 3 Posisi Seks yang Bikin Nagih

“Penumpukannya mengiritasi gusi dan dapat menyebabkan bau mulut dan rasa tidak enak di mulut, gusi menyusut atau gigi goyang atau tanggal,” katanya seperti dikutip dari laman Metro.co.uk.

"Kebersihan mulut yang buruk dapat menyebabkan masalah mulut seperti penumpukan plak, sariawan, radang gusi, halitosis dan akhirnya kehilangan gigi, namun juga berhubungan dengan penyakit kronis lainnya seperti diabetes dan penyakit jantung yang dapat memicu masalah kesehatan seksual."

Momen Romantis Rizky Febian dan Mahalini sebagai Pasutri: Doa dan Harapan untuk Masa Depan

Ini adalah masalah kesehatan seksual spesifik yang mungkin membuat Anda terkejut saat mengetahui bahwa hal ini dapat dipicu oleh penyakit gusi.

Penyakit gusi dan disfungsi ereksi

Ilustrasi kelamin pria.

Photo :
  • pixabay

Jika penyakit gusi tidak diobati, ada kemungkinan penyakit tersebut dapat menyebabkan disfungsi ereksi.

Abbas menjelaskan, "Penyakit gusi dapat menyebabkan infeksi mendalam yang menyebabkan hilangnya jaringan dan tulang, yang juga dapat menyebabkan peradangan kronis yang merusak sel-sel endotel. Ini membentuk lapisan pembuluh darah, termasuk pembuluh darah di penis."

Abbas juga mengatakan, “Ketika sel-sel ini rusak, hal ini dapat mengakibatkan gangguan aliran darah ke seluruh tubuh, yang menyebabkan disfungsi ereksi.”

Disfungsi ereksi semakin umum terjadi, khususnya pada pria lanjut usia, dengan kasus diperkirakan meningkat menjadi 322 juta pada tahun 2025.

Beberapa penelitian menemukan hubungan positif antara disfungsi ereksi dan penyakit gusi kronis, yang juga dikenal sebagai periodontitis.

Satu rangkaian temuan menunjukkan 53 persen pasien laki-laki yang menderita DE juga menderita penyakit gusi kronis, dibandingkan dengan 23 persen laki-laki dengan disfungsi ereksi yang tidak menunjukkan masalah periodontal.

Meskipun hasil penelitian ini tidak berarti penyakit gusi menyebabkan DE, namun penelitian menunjukkan bahwa pria yang telah didiagnosis menderita penyakit gusi cenderung mengalami DE lebih sering dibandingkan pria tanpa penyakit gusi.

Abbas menambahkan, "Penyakit periodontal diklasifikasikan sebagai faktor risiko independen untuk penyakit kardiovaskular, dan penyakit kardiovaskular meningkatkan risiko DE – yang mendukung hubungan bahwa penyakit periodontal dapat meningkatkan risiko DE."

Penyakit gusi dan seks oral

Ilustrasi bercinta/ciuman.

Photo :
  • Freepik/freepik

Penyakit gusi dapat menyebabkan penyebaran bakteri berbahaya di mulut yang mungkin sudah Anda duga, dapat menyebar melalui ciuman atau seks oral.

“Bakteri seperti porphyromonas gingivalis dan treponema denticolacan dapat menular ke pasangannya, terutama jika mereka memiliki luka terbuka atau luka di mulutnya,” kata Abbas.

“Bakteri dan racun dapat memasuki aliran darah melalui jaringan gusi yang meradang.”

Terkadang, seseorang mungkin tanpa sadar meningkatkan risiko pasangannya terkena masalah kesehatan mulut atau infeksi dengan menciumnya atau melalui seks oral. Hal ini bahkan dapat berkontribusi pada berkembangnya masalah kesehatan sistemik jika bakteri memasuki aliran darah.

Masalah gusi biasanya menyebabkan nyeri, ketidaknyamanan, atau pendarahan di mulut, yang dapat membuat ciuman atau bentuk keintiman fisik lainnya, seperti seks oral, menjadi tidak nyaman.

“Anda akan merasa tidak nyaman saat berciuman atau melakukan seks oral dan mungkin menghindari kontak seksual karenanya,” jelas Abbas.

Seringpula masalah penyakit gusi menyebabkan seseorang merasa minder karena aroma napas tak sedap. Masalah ini tentu  dapat menyebabkan masalah berkelanjutan dalam keintiman dengan pasangan. Kehilangan gigi atau resesi gusi dapat berdampak besar pada harga diri dan kepercayaan diri seseorang.

Penyakit gusi dapat mempengaruhi penampilan fisik dan aktivitas sehari-hari, berpotensi menyebabkan persepsi diri yang negatif dan penurunan harga diri, yang menurut Abbas dapat membuat ‘sulit untuk menikmati aktivitas seksual’.

Pada akhirnya, mengatasi penyebab yang mendasarinya akan membantu meningkatkan pengalaman seksual Anda dan meningkatkan harga diri Anda seiring berjalannya waktu.

Hindari Penyakit Gusi

Ilustrasi mulut, gigi dan keramas

Photo :
  • Pixabay/ ivanovgood

Tentu saja, kunjungan rutin ke dokter gigi adalah suatu keharusan untuk menjaga gigi putih mutiara tetap dalam kondisi baik.

“Anda harus pergi ke sana setiap tahun hingga 24 bulan, tetapi jika Anda mempunyai masalah gigi, hal ini harus lebih sering dilakukan,” kata Abbas.

Abbas berbagi bahwa menyikat gigi dengan pasta gigi berfluoride dua kali sehari selama sekitar dua menit setiap kali akan membantu menjaga kesehatan gigi dan mulut. Pertimbangkan juga untuk berkumur dengan obat kumur setelah makan, dibandingkan setelah menyikat gigi (yang dapat mengikis enamel gigi).

Jangan lupa juga untuk membersihkan gigi atau menggunakan sikat interdental setiap hari, dan mengganti sikat gigi Anda setidaknya tiga bulan sekali.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya