4 Makanan Terbaik Penghilang Lemak, Ternyata Enak-enak Semua!

Ilustrasi diet.
Sumber :
  • Pexels/rawpixel.com

VIVA Lifestyle – Dalam hal menurunkan berat badan dan menjaga kesehatan, memilih makanan yang tepat adalah hal yang penting. Mengonsumsi makanan padat nutrisi dapat membantu menghancurkan lemak sekaligus memastikan Anda tetap berenergi sepanjang hari.

Merasakan Kemewahan Kuliner Prancis di Batam, Perpaduan Citra dan Rasa yang Menggoda

Berikut empat makanan terbaik untuk menghilangkan lemak, yang tak hanya menawarkan rasa lezat tapi juga manfaat nutrisi. Dengan memasukkannya ke dalam menu sehari-hari, Anda dapat memberi nutrisi pada tubiuh, mengendalikan nafsu makan, dan mencapai penurunan berat badan. Berikut ulasannya, dikutip Times of India, Senin 13 Mei 2024. Yuk, scroll!

Salad
Salad merupakan pilihan yang sangat baik untuk menghilangkan lemak karena kepadatan kalorinya yang rendah, kandungan serat yang tinggi, dan banyaknya bahan kaya nutrisi. Salad mampu memberi rasa kenyang tanpa kalori berlebih, membantu mengekang rasa lapar dan mengurangi asupan kalori secara keseluruhan. 

Pantau Hotel & Dapur di Madinah, Menag Pastikan Fasilitas Layanan Jemaah Lansia

Ilustrasi salad Thailand.

Photo :
  • Pixabay/xegxef

Untuk membuat salad penghilang lemak, mulailah dengan bahan dasar sayuran berdaun hijau dan tambahkan berbagai sayuran berwarna, protein tanpa lemak seperti ayam panggang atau tahu, lemak sehat seperti alpukat atau kacang-kacangan, dan saus ringan yang terbuat dari minyak zaitun dan cuka. Hindari topping berkalori tinggi seperti crouton atau saus krim, dan pilihlah bumbu serta rempah yang beraroma. 

IISM dan Indonesia Cold Chain Expo 2024 Tawarkan Inovasi Teknologi Rantai Pasokan Bisnis makanan

Telur orak arik
Scrambled egg atau telur orak arik juga menjadi pilihan yang bagus untuk menghilangkan lemak, karena mengandung banyak protein, yang membantu meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi nafsu makan sepanjang hari. Selain itu, makanan ini juga mudah divariasikan dengan bahan-bahan bergizi lainnya, seperti sayuran dan protein tanpa lemak untuk meningkatkan nilai gizinya. 

Untuk meningkatkan nutrisinya, tambahkan sayuran yang dipotong dadu, seperti paprika, bayam dan tomat untuk menambah serat dan vitamin. Anda juga bisa menambahkan protein tanpa lemak, seperti bacon kalkun atau salmon asap untuk menambah rasa kenyang. Memilih roti panggang dari gandum utuh atau irisan alpukat sebagai tambahan, akan semakin meningkatkan profil nutrisi dari hidangan ini. 

Tumisan
Hidangan tumis bisa menjadi tambahan bermanfaat untuk program penurunan lemak karena kemampuannya menggabungkan protein tanpa lemak dan sayuran kaya nutrisi. Dengan menggunakan sedikit minyak dan memasak dengan api besar, menumis bisa membantu menjaga nutrisi bahan sekaligus menjaga kandungan kalori tetap rendah. 

Cobalah pilih sumber protein tanpa lemak, seperti dada ayam, tahu atau udang dan konsumsi sayuran berwarna, seperti brokoli, paprika dan kacang polong. Masukkan biji-bijian seperti beras merah atau quinoa, untuk meningkatkan serat dan rasa kenyang. 

Hotpot atau rebusan
Hidangan ini juga bisa menjadi tambahan bermanfaat untuk program penurunan lemak, karena padat nutrisi dan mengenyangkan sekaligus menjaga asupan kalori tetap terkendali. Masukkan protein tanpa lemak, seperti ayam, kalkun, atau kacang-kacangan bersama dengan banyak sayuran yang kaya serat dan vitamin. 

Untuk meningkatkan nilai gizi, gunakan kaldu buatan sendiri yang terbuat dari tulang atau sayuran untuk menambah rasa dan nutrisi penting. Bereksperimen dengan bumbu dan rempah dapat meningkatkan rasa tanpa menambah kalori berlebih, menjadikannya pilihan bergizi dan memuaskan untuk mengelola berat badan. Memasukkan biji-bijian seperti barley atau quinoa juga bisa menambah serat dan meningkatkan rasa kenyang. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya