Empat Jenis Teh dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Ilustrasi teh
Sumber :
  • Pixabay/???????

VIVA.co.id – Dalam beberapa tahun belakangan, banyak orang yang mengganti kebiasaan minum kopi dengan teh. Teh memang lebih memberikan banyak manfaat pada kesehatan jika dibandingkan dengan kafein yang diminum para penyuka kopi.
 
Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa mengonsumsi teh secara rutin bisa mengurangi plak arteri, dan pada dasarnya juga menawarkan kemungkinan membalikkan aterosklerosis.
 
Namun, berbagai produk teh yang tersedia bisa jadi membingungkan bagi para peminum teh pemula. Sebagai pemula, inilah  empat jenis teh yang menawarkan manfaat kesehatan secara maksimal yang dirangkum dari foodworldnews:
 
Teh Oolong
Mereka yang meminum teh, terutama untuk mendapatkan manfaat bagi kesehatan harus mencoba mengonsumsi teh Oolong. Teh yang dikemas dengan antioksidan ini juga memberikan manfaat sebagai pelindung berupa anti-kanker. Hal ini juga telah terbukti secara ilmiah dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.
 
Tidak hanya itu, teh ini juga dipercaya membantu membakar lemak dalam tubuh. Oleh karena itu, teh ini sering ditawarkan sebagai pilihan penurun berat badan. Untuk mereka yang ingin memulai harinya dengan teh, mereka juga bisa mengganti kebiasaan meminum kopi dengan teh jenis ini yang juga dikemas dengan sedikit kafein.
 
Teh Hijau
 
Teh hijau adalah salah satu minuman yang menyehatkan. Dari berbagai alasan, teh ini juga banyak dikonsumsi oleh para yogis. Selain itu, Authority Nutrition juga merekomendasikan teh hijau dengan 10 alasan mengapa seseorang perlu mengkonsumsi teh hijau.  Epigallocatechin Gallete (EGCG), sebuah antioksidan yang kuat yang terkandung di dalam teh hijau disebut sebut bisa mengobati berbagai mcam penyakit.
 
Selain itu, teh ini juga memilki polyphenols yang disebut dengan falvonoids dan catchins, sebuah antioksidan yang bisa membatu memberbaiki kerusakan yang terjadi di dalam sel. Sebagai asupan yang mengandung polyphenols, teh hijau disebutkan lebih baik daripada buah dan sayuran yang memilki kandungan serupa. Teh hijau memilki 10 kali manfaat untuk antioksidan. Catehcin yang terkandung dalam teh juga bisa melindung dari kanker, serangan jantung dan beragam penyakit lainnya seperti Parkinson dan Alzheimer.
 
Teh Putih
Untuk mereka yang menyukai teh dengan rasa yang lebih lembut, teh putih bisa menjadi pilihan yang tepat. Teh ini juga menawarkan manfaat yang sama, yakni untuk melindungi dari serangan jantung dan juga kanker. Sama halnya dengan teh hijau, teh putih juga mengandung catechin dan beragam antioksidan lainnya.

Ternyata Ini Alasan Matcha Dikonsumsi Secara Luas di Dunia

Teh putih juga menawarkn anti-kanker yang cukup kuat jika dibandingkan dengan beragam jenis varian teh yang telah diproses.
 
Teh Jahe Lemon
Jahe memiliki banyak manfaat kesehatan terutama dengan anti mikroba yang terkandung di dalamnya. Bukan hanya itu, jika dikombinasikan dengan bahan sehat lainnya, jahe juga akan menjadi ramuan kesehatan yang sangat bermanfaat.

Hal yang menempatkan teh jahe lemon sebagai teh yang memberi manfat bagi kesehatan, karena teh ini mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Dengan campuran antioksidan yang kuat dari campuran jahe dan lemon membuat minuman ini mampu mencegah pertumbuhan dan penyebaran sel kanker.

Teh Hitam jadi Rahasia untuk Menurunkan Berat Badan

Selain itu, teh jahe lemon, juga membantu mengurangi dampak dari diabetes.Jahe dipercaya memilki kandungan zinc dan mineral yang kuat yang bisa membantu produksi dan sekresi insulin.
 

(ren)

Turunkan Kolesterol LDL dengan Secangkir Teh Hitam
Teh hijau

Amankah Minum Teh Hijau Saat Perut Kosong, Ini Penjelasannya

Minum teh hijau saat perut kosong bisa berdampak negatif pada tubuh. Anda perlu tahu alasannya mengenai konumsi teh hijau ini.

img_title
VIVA.co.id
2 Februari 2021