Waspada, Makanan Ini Bisa Picu Sulit Buang Air Besar

Ilustrasi toilet.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Banyak sekali jenis penyakit yang bisa mengganggu aktivitas kita sehari-hari. Beberapa di antaranya terasa menyakitkan, dan membuat kita tidak nyaman bahkan malu untuk berada di dekat orang banyak.

Gara-gara Susah BAB, Cut Mini Jadi Suka Kopi

Salah satu di antara penyakit yang akan dibicarakan di sini adalah konstipasi. Penyakit ini bisa membuat perut terasa sakit, kembung sehingga membuat kita tidak nyaman seharian. Konstipasi terjadi akibat gerakan usus yang tidak lancar, sehingga membuat proses pembuangan menjadi tidak lancar atau sulit buang air besar.

Jika Anda ingin terhindari dari konstipasi, ada beberapa makanan yang sebaiknya Anda kurangi kadar konsumsinya. Berikut makanan tersebut, seperti dilansir dari Boldsky.

Waspada, Tak Rutin BAB jadi Gejala Kanker Usus

1. Makanan cepat saji

Kentang goreng, burger dan makanan lainnya memang terlihat lezat. Namun, makanan ini juga bisa menyebabkan konstipasi karena kandungan sodium dan lemak yang tinggi dalam makanan ini. keduanya bisa memperlambat kinerja usus Anda.

Enam Makanan Kaya Serat yang Melancarkan Buang Air Besar

2. Produk olahan susu

Meskipun produk olahan susu dianjurkan untuk konsumsi makanan seimbang, konsumsi berlebihan terhadap olahan susu dapat menyebabkan konstipasi. Keju dan susu mengandung banyak protein yang bisa menimbulkan gas dan konstipasi.

3. Pastry

Pastry, kukis, permen memiliki kadar gula dan lemak yang tinggi dan kurang akan serat. Kurangnya serat akan memicu timbulnya konstipasi.

4. Buah yang belum matang

Mengonsumsi buah yang belum matang akan memicu timbulnya konstipasi. Buah tersebut tidak mengandung cukup cairan dan serat, tetapi kaya akan zat tepung. Kandungan tepung akan memperlambat gerak usus.

5. Daging merah

Terlalu banyak mengonsumsi daging merah setiap hari akan memicu timbulnya konstipasi. Daging merah akan mengurangi kadar getah dalam usus.

6. Roti

Roti dari gandum, roti coklat atau roti putih. Terlalu banyak mengonsumsi roti akan memicu konstipasi karena roti mengandung ragi dan karbohidrat yang membuat perut mencerna makanan lebih lambat.

7. Telur

Telur rendah akan serat namun kaya akan protein dan lemak. Bagi sebagian orang telur bisa memicu konstipasi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya