Ketahui Tujuh Kandungan Mematikan Dalam Rokok

Ilustrasi rokok
Sumber :
  • Reuters

VIVA.co.id - Fakta bahaya merokok dan bagaimana rokok bisa membuat kecanduan tentunya sudah banyak diketahui. Kebiasaan buruk ini tidak hanya dapat merusak kesehatan, namun juga bisa menghilangkan nyawa.

Rokok diketahui sebagai penyebab kematian ratusan jiwa setiap tahunnya di seluruh dunia. Sebuah studi juga memastikan bahwa perokok memiliki risiko 20 kali lipat menderita kanker paru-paru dibanding mereka yang tidak merokok.

Sejumlah studi juga menemukan bahwa rokok mengandung sebanyak 7.000 bahan kimia, dimana sekitar 250 diantaranya merupakan bahan kimia penyebab kanker.

Menurut laman Boldsky, merokok menjadi kebiasaan yang membuat ketagihan karena efek dari nikotin yang dikandungnya. Kandungan ini merupakan zat psikoaktif yang ada di dalam asap rokok. Nikotin akan masuk ke dalam aliran darah dan kemudian mencapai otak, menciptakan efek terpacunya adrenalin yang menjadi alasan kenapa orang menjadi ketagihan karena efek yang dirasakannya ini.

Seperti kita ketahui, merokok dapat menyebabkan banyak komplikasi kesehatan seperti pneumonia dan kanker paru-paru. Karenanya, Anda perlu memahami apa saja kandungan mematikan yang ada dalam rokok. Berikut ini adalah diantaranya.

Bensol

Berlatih Berhenti Merokok di Bulan Ramadan

Bahan kimia yang banyak ditemukan di rokok, semen, dan karet ini merupakan bahan karsinogen mematikan dan dapat memicu leukimia.

Amonia

Amonia merupakan salah satu bahan utama yang menambah efek 'nge-fly' dari rokok. Bahan kimia ini dapat menyebabkan bronkitis dan masalah pernapasan lainnya.

Formaldehida

Rokok Bukan Satu-satunya Penyebab Kanker Paru-Paru

Formaldehida yang terkandung dalam rokok merupakan cairan balsam yang umumnya digunakan untuk mengawetkan mayat. Bahan kimia ini dapat menyebabkan kanker, penyakit kulit dan perut.

Aseton

Aseton umumnya digunakan sebagai cairan pembersih dan penghilang cat kuku. Ketika aroma bahan kimia ini terhirup akan menyebabkan penyakit kulit dan kelainan otak.

Tar

Susah Berhenti Merokok? Bisa Curhat di Hotline ini

Bahan kimia ini merupakan bahan kimia yang umum ditemukan dalam rokok. Bahan kimia ini dapat menyebabkan penyumbatan pada paru-paru Anda dan menyebabkan berbagai kelainan seperti emfisema, bronkitis kronis, dan kanker paru-paru.

Karbon monoksida

Karbon monoksida merupakan bahan kimia berbahaya yang dapat menyebabkan sakit kepala, mual, pusing, dan pada akhirnya menyebabkan penyakit jantung.

Arsenik

Arsenik merupakan bahan kimia yang juga digunakan dalam racun tikus. Jadi bisa Anda bayangkan bagaimana bahayanya bahan kimia ini ketika Anda hirup. Bahan kimia ini jiga adapat memicu kanker paru-paru dan kandung kemih.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya