Kontak Mata Tingkatkan Kualitas Hubungan

Eye contact
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id - Sebuah ungkapan 'dari mata turun ke hati' ternyata bukan hanya sekadar kalimat belaka, banyak rasa yang bisa terungkap dari sekadar kontak mata. Selain mampu mengungkap rasa, ternyata kontak mata juga bermanfaat untuk meningkatkan sebuah jalinan yang lebih dekat.

Hal tersebut diakui oleh Elizabeth Santosa, psikolog, dalam sebuah acara di kawasan Sudirman, Jakarta, beberapa waktu lalu. Lizzy, panggilan akrabnya, berujar bahwa mata menjadi hal yang paling diperhatikan saat bertemu dengan orang lain.

"Saat kita berbicara, paling pertama dilihat orang lain adalah mata. Karena dari mata bisa memberikan informasi lebih dari apa yang diungkapkan oleh bibir," ujarnya.

Dia menambahkan, kontak mata adalah segalanya dalam sebuah penampilan. Karena, dengan mata juga, Anda bisa melihat kebohongan yang tidak terucap.

"Melihat jiwa seseorang itu melalui mata. Dari mata, kita bisa melihat saat orang itu berbohong dan menilai ekspresi seseorang," kata dia.

Dengan mendeteksi kebohongan, maka melalui kontak mata pula dapat dibangun rasa kepercayaan pada lawan bicara bahkan ke pasangan Anda. Untuk itu, ia menyarankan agar menjaga kontak mata untuk menjalin komunikasi yang baik dengan pasangan.

"Ajak pasangan main eye to eye selama empat menit tanpa bicara. Kalau yang awkward berarti enggak nyaman, tapi kalau malah nyaman bisa tingkatkan trust," jelasnya.

Terlalu Ramah pada Orang Lain Bisa Bikin Hubungan Retak
Pria lajang.

Manfaat Hidup Melajang Menurut Penelitian

Orang berstatus lajang lebih mandiri dan dekat dengan keluarga.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016