Alat Bantu Ini Mampu Atasi Dengkuran

Sleep
Sumber :

VIVA.co.id - Mendengkur merupakan gejala paling umum yang sering ditemui pada gangguan tidur.  Gangguan tidur terjadi ketika lidah, dan jaringan lidah di belakang tenggorokan mengalami kolaps dan menghalangi aliran udara. Hal ini membuat asupan udara berkurang ke dalam paru-paru, dan membuat pernapasan berhenti sesaat.

Reaksi yang terjadi kemudian, otak akan merespon dan membuat tubuh bangun dari tidur. Belakangan, sebuah produsen di Taiwan bernama Somnics berhasil membuat sebuah perangkat yang mampu mengatasi gangguan tidur yang dinamai iNap Sleep Therapy Sistem (iNaps).

Ditemui saat pameran Wow! Taiwan Select, di Mall Central Park Jakarta Barat, Chung-chu Chen, CEO dari Somnics mengklaim bahwa iNaps mampu mengurangi gangguan tidur, baik ringan, menengah atau pun yang akut.

Menurut Chen, iNaps bekerja untuk menghilangkan penyumbatan udara ketika tidur. Alat ini berfungsi untuk menghasilkan tekanan negatif dalam rongga mulut itu sendiri. Kemudian tekanan negatif ini akan menarik lidah dan penampang halus ke depan, untuk membuat saluran air tetap terbuka.

Namun umumnya manfaat dari pemakaian iNaps tidak bisa dirasakan pada saat pertama kali pakai. Alat ini baru memberikan dampak positif setelah pemakaian rutin selama tiga bulan, dan dengan begitu gangguan tidur yang kerap dialami perlahan berkurang.

"Tapi tidak bisa sekali pakai langsung hilang. Mesti dipakai setiap hari secara rutin,"katanya.

Chen juga mengungkapkan bahwa untuk saat ini, pemakaian iNaps hanya dianjurkan untuk usia diatas 18 tahun ke atas.

"Kami akan terus berinovasi agar alat ini nantinya juga bisa digunakan oleh para remaja dan juga anak," ungkapnya. Chen juga menambahkan, tidak ada efek samping sama sekali dari pemakaian alat ini.

"Paling hanya merasa sedikit tidak nyaman karena ada semacam selang yang masuk ke dalam mulut," ujarnya.

INaps juga telah didistribusikan di beberapa negara Eropa. Biasanya iNaps dijual dirumah sakit, klinik, apotik, ataupun juga bisa secara online.

 

Tujuh Penyebab Orang Tidur Mendengkur

Lihat Karakter Seseorang dari Posisi Tidur

Posisi tidur ternyata dapat mengungkapkan karakter seseorang.

img_title
VIVA.co.id
31 Januari 2016