Tips Memilih Klinik dan Produk Kecantikan yang Aman

Ilustrasi ruangan rumah sakit.
Sumber :
  • Pixabay/ TheShiv76

VIVA.co.id - Perawatan kecantikan yang menjanjikan perubahan penampilan menjadi lebih menarik tentu menjadi daya tarik tinggi bagi banyak wanita. Lihat saja bagaimana pusat pelayanan kecantikan tidak pernah sepi dikunjungi para wanita.

Tren yang terus berkembang disertai dengan minat serta permintaan yang tinggi membuat bisnis kecantikan banyak dilirik orang. Sehingga muncullah pihak-pihak tak bertanggung jawab yang mencoba meraih keuntungan dari peluang ini.

"Ini adalah dunia yang baru berkembang sehingga banyak yang memanfaatkan dengan cara positif maupun negatif. Yang negatif tentu harus dieliminasi. Sementara yang positif juga tidak mudah mengembangkan bisnisnya," kata Dr Teguh Tanuwidjaja saat konferensi pers Seminar and Workshop in Aesthetic Medicine di Jakarta, Senin, 1 Agustus.

Dr Teguh melanjutkan, setiap produk kosmetik atau peralatan kedokteran yang digunakan dalam bidang medis estetik tentunya harus melalui prosedur pemeriksaan sebelum sampai ke masyarakat.

Inilah yang harus diperhatikan oleh masyarakat ketika memilih produk atau perawatan kecantikan mereka. Jangan sampai harapan ingin tampil cantik malah berakhir menjadi bencana.

"Kalau di Indonesia pemeriksaan dilakukan oleh Badan POM jadi segala sesuatu yang sudah melalui uji pemeriksaan di Badan POM dapat dikatakan aman," ujar Dr Teguh.

Sementara untuk layanan klinik kecantikan harus mendapatkan izin terlebih dahulu dari Dinas Kesehatan setempat sebelum berpraktik. Jadi, sebelum memilih klinik perawatan kecantikan pastikan klinik tersebut telah mendapatkan izin dari Dinas Kesehatan.
Layanan klinik estetika yang berhak memberikan perizinan adalah jajaran dinkes setempat izin resmi aman melalui prosedur pemeriksaan yang tidak mudah. Ketemu tempat yag aman krn teregistrasi.

Punya Bisnis Kecantikan, Aura Kasih Bakal Tinggalkan Dunia Hiburan?

(ren)

Polisi gerebek klinik kecantikan suntik stem cell ilegal di Kebayoran, Jaksel.

VIDEO: Lagi, Klinik Kencantikan 'Suntik Serum' Ilegal Digerebek Polisi

Praktik kedokteran di klinik itu tanpa izin Kementerian Kesehatan.

img_title
VIVA.co.id
21 Januari 2020