Hindari Minuman ini Agar Gigi Tidak Berlubang

Ilustrasi minuman di restoran cepat saji
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Sejak kecil kita sudah diajarkan untuk selalu menjaga kesehatan gigi dengan menggosok gigi di pagi dan malam hari lalu mencuci mulut setiap kali selesai makan. Dengan melakukan hal itu, kita akan terhindari dari gigi berlubang dan gigi kita akan tetap kuat dan sehat dalam waktu yang lama.

VIDEO: Enggak Mau Sakit Gigi? Hindari Konsumsi Jenis Makanan Ini

Namun, seiring bertambahnya usia, kita melakukan kebiasaan yang dapat merusak gigi. Karena itu, kebiasaan buruk ini harus dihindari agar gigi kita tetap kuat untuk waktu yang lama.

Dilansir laman Boldsky, salah satu kebiasaan yang kita lakukan yang dapat merusak gigi adalah mengunyah es batu. Hal ini dapat merusak kondisi gigi secara permanen karena menimbulkan retakan kecil. Kondisi ini dapat menyebabkan fraktur pada gigi.

13 Obat Sakit Gigi Alami dan Obat Apotik yang Paling Ampuh

Selain itu, anak-anak yang selalu menyedot botol susu sebelum tidur juga berisiko mengalami kerusakan gigi karena gula dalam susu dapat merusak enamel gigi dan menyebabkan gigi menjadi busuk.

Anda juga perlu berhati-hati dalam penggunaan obat cair pereda batuk karena kandungan gulanya yang tinggi. Meski obat ini baik untuk mengurangi sakit tenggorokan, tapi jika Anda terus menggunakannya setiap sakit tenggorokan, Anda bisa merusak gigi Anda.

3 Pertolongan Pertama Gigi Berlubang, Mudah Banget!

Anak-anak biasanya sangat suka dengan permen karet. Jadi, sebagai orangtua, pastikan Anda mendorong mereka membersihkan mulut mereka setiap kali mereka makan permen karet atau gula yang ada pada permen akan menempel pada gigi dan membuat gigi membusuk.

Perlu diingat juga, Anda harus menghindari soda sebisa mungkin. Soda sangat tinggi kandungan asam dan gulanya yang dapat menyebabkan gigi rusak. Selain itu, minuman olahraga juga tinggi kandungan gulanya dan asam. Sebaiknya pilihlah air putih untuk meredakan haus Anda.

Yang juga perlu dihindari adalah jus buah. Meski kaya kandungan gizi tapi kita juga tidak boleh lupa kalau jus buah tinggi kandungan gula yang dapat merusak gigi. Jadi akan lebih baik memakan buahnya langsung daripada dibuat jus.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya