Jangan Disepelekan, Gigi Keropos Anak Picu Gangguan Jantung

Ilustrasi gigi anak berlubang.
Sumber :
  • http://www.indotopinfo.com/ketakutan-anak-pada-dokter-gigi.htm

VIVA – Gigi berlubang biasanya menjadi keluhan yang sering dianggap hal sepele. Padahal, gigi berlubang yang dibiarkan dalam waktu lama bisa memicu timbulnya kista di mulut.

Alami Keguguran, Kiky Saputri Menyesal Tak Bisa Jaga Diri saat Hamil

Dikatakan dokter gigi spesialis bedah mulut, Drg. Devya Linda SpBM, dalam acara Hidup Sehat di TvOne, Kamis 3 September 2020, mulut diciptakan dengan adanya bakteri baik dan jahat. Jika gigi terlanjur bolong atau rusak, hal itu membuat keseimbangan bakteri terganggu.

"Artinya bakteri dari sisa makanan bisa menambah mikroorganisme jahat di mulut. Bakteri itu nantinya bisa menyerang pembuluh darah di gigi dan menjalar ke saraf," kata dia.

Kiky Saputri Alami Keguguran di Kehamilan 10 Minggu, Idap Kista di Dinding Rahim

Baca juga: Tes 5 Detik di Rumah Bisa Ketahui Anda Berisiko Diabetes atau Tidak

Dokter Devya menambahkan, bakteri yang kian menjalar di pembuluh darah itu bisa memicu infeksi di ujung akar gigi atau disebut granuloma. Infeksi itu yang dapat memicu timbulnya kista.

Susan Sameh Blaka-blakan Soal Sakit yang Diidap, Sempat Berhenti Syuting 8 Bulan

"Granuloma atau infeksi di ujung akar gigi. Lama-lama jadi kista. Jangan sampai bolong kecil diabaikan," kata dia.

Biasanya, hal itu juga kerap diabaikan karena jarang memicu keluhan. Namun, saat kista membesar, keluhan akan mulai terasa dan harus segera dilakukan penanganan.

"Kista kecil biasanya enggak terasa. Tapi pas udah makin besar, baru bergejala seperti sakit saat makan. Itu harus dioperasi," tutur Devya.

Maka dari itu, dokter Devya menyarankan agar rutin menyikat gigi saat sebelum tidur dan bangun pagi. Selain itu, rutin ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali agar terdeteksi jika ada masalah di gigi.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya