Kiky Saputri Alami Keguguran di Kehamilan 10 Minggu, Idap Kista di Dinding Rahim

Kiky Saputri
Sumber :
  • YouTube Kiky Saputri Official

Jakarta – Kabar kurang menyenangkan datang dari komika Kiky Saputri yang mengungkap kesedihannya atas kehilangan calon bayi pertamanya. Istri Muhammad Khairi tersebut mengalami keguguran di usia kehamilannya yang baru menginjak 10 minggu. 

Selamat! Mpok Alpa Umumkan Hamil di Usia 37 Tahun

Awalnya, Kiky berencana merahasiakan kabar sedihnya tersebut, namun akhirnya memilih untuk mempublikasikan kehilangan janinnya setelah 2,5 bulan kehamilan, usai banyak netizen yang bertanya. Scroll ke bawah untuk simak artikel selengkapnya. 

Alami Keguguran

Sosok Arj Barker, Komika yang Dihujat Gegara Usir Ibu Menyusui saat Acara Stand-Up Comedy

Kiky Saputri

Photo :
  • IG @kikysaputrii

Kiky, sapaan akrabnya, menyebutkan bahwa kelelahan menjadi salah satu faktor penyebab dirinya mengalami keguguran. Selain itu, ada juga kista di luar dinding rahim yang membuat janin tidak berkembang dengan baik. Kista tersebut diakui Kiky sudah ada sebelum dirinya hamil dan sempat ingin dibersihkan, namun ternyata Kiky hamil. 

Top Trending: Wanita Dilarang Naik Kendaraan Online karena Bernama Ini, Komika Usir Ibu Menyusui

"(Kista) Di luar dinding rahim, waktu itu masih 3,8 cm. Waktu itu rencana kita pulang dari London mau berobat untuk pembersihan kistanya. Tapi Masyaallah, Allah kasih kita rezeki ada si baby. Kata dokter enggak apa-apa, ini enggak ganggu, jadi lanjutin aja kehamilannya," ungkap Kiky Saputri saat buka suara secara eksklusif di kanal YouTube-nya, dikutip pada Senin, 18 Maret 2024. 

Idap Kista

Kiky Saputri

Photo :
  • IG @kikysaputrii

Tanpa disadari, seiring perkembangan janin, ternyata kista yang diidapnya juga ikut berkembang. Dari yang awalnya berukuran 3,8 cm menjadi 4,6 cm dan mulai menekan rahimnya. 

"Seiring berjalannya waktu, janin berkembang, maka kista juga berkembang. Ternyata menekan ke area dinding rahimnya, kistanya membesar, saat aku keguguran itu dia udah 4,6 cm," kata Kiky. 

Dua minggu sebelum kehilangan janinnya, Kiky mengaku masih mendengar detak jantung bayinya saat periksa ke dokter. Namun, setelah mengalami flek dan pendarahan, Kiky dan Khairi ternyata harus kehilangan calon buah hati pertamanya. 

"Dua minggu sebelumnya kenceng (detak jantungnya). Itu juga sampai 10 kali lebih dokter mencoba untuk ngecek, ternyata detak jantungnya udah enggak ada. Aku masih enggak percaya waktu itu," ujar sang komika.

Beberapa minggu setelah keguguran, Kiky merasakan sakit yang luar biasa di bagian bawah perut dan dokter menemukan bahwa ukuran kista di dalam tubuhnya semakin membesar. Akhirnya, dokter memutuskan untuk mengangkat kista tersebut karena sudah membahayakan, bahkan telah menyelimuti ovarium kiri Kiky.

"Dicek kistaku semakin membesar, 5,2 cm, habis kayak gitu dokter memutuskan untuk diangkat kistanya karena takutnya berbahaya, udah nempel ke falopi kiri," jelasnya.

Kondisi tersebut memaksa dokter untuk mengangkat ovarium kiri Kiky juga, karena kista telah menggerogoti dan menyelimutinya. Dokter menjelaskan bahwa ini merupakan opsi terakhir yang harus diambil untuk mencegah kista berkembang ke bagian tubuh yang lain.

"Ternyata ovarium kiri Kiky itu udah diselimuti kistanya, udah menggerogoti ovarium sebelah kiri Kiky, ada peradangan di situ. Kalau enggak diangkat, kistanya akan berkembang ke tempat yang lain. Dokter bilang ini opsi terakhir," tandasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya