Ingin Hidup Sehat, Lakukan Tiga Hal Ini

Berolahraga.
Sumber :
  • Pixabay/Skeeze

VIVA.co.id – Menurut hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) pada tahun 2013, ditemukan bahwa sebagian besar masyarakat Indonesia menjalani pola atau cara hidup yang tidak sehat. Terutama mereka yang hidup di kota-kota besar. Kondisi ini menimbulkan adanya pergeseran atau peningkatan berbagai macam penyakit.

Tips Jalani Pola Hidup Sehat untuk Cegah Sakit Batu Ginjal

Menurut pemaparan dr. Ulul Albab, SpOG dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI), kebiasaan tidak sehat yang dilakukan berdasarkan hasil Riskesdas, masyarakat Indonesia senang mengonsumsi makanan instan. Hanya sedikit sekali masyarakat yang mengonsumsi buah tinggi serat yakni hanya 6,7 persen.

Selain itu, sebanyak 66,8 persen penduduk Indonesia mengonsumsi air minum dari sumber air yang jauh dari standar air yang baik. Dari hasil riset itu juga diketahui bahwa masyarakat Indonesia sangat pasif.

Senam dan Jalan Santai, Gaya Hidup Sehat untuk Masyarakat Rangkasbitung

"Tidak banyak beraktivitas inilah yang menyebabkan penyakit metabolik jumlahnya mengalami peningkatan yang signifikan. Seperti penyakit kencing manis meningkat 1,3 persen, penyakit metabolik lain seperti jantung, stroke, dan hipertensi juga terjadi lonjakan tajam," kata  Ulul saat ditemui di acara Gerakan Hidup Sehat bersama Le Minerale di Jakarta, Selasa, 23 Agustus.

Karena kondisi yang semakin memprihatinkan inilah, Ulul menyarankan agar masyarakat Indonesia mulai mengubah pola hidup dengan melakukan tiga hal, yakni bergerak dengan benar, makan dengan benar, dan minum dengan benar.

11 Tips Hidup Sehat Supaya Terhindar dari Penyakit Menurut WHO

Gerakan yang benar dilakukan dengan memulai berolahraga sedikitnya 30 menit sehari, lima kali dalam seminggu. Makan dengan benar yaitu memastikan jumlah, waktu, dan komposisi makanan sudah sesuai dan berkualitas serta mengandung cukup nutrisi.

"Cukupi kebutuhan air minum kita minimal delapan gelas per hari. Untuk ibu hamil minimal tiga liter per hari. Tapi, minum tidak hanya sekadar minum, harus dilihat juga air minum yang digunakan mengandung mineral yang dibutuhkan tubuh. Karena mineral yang terpenuhi dapat mengurangi insidensi penyakit." 

Ditambahkan Ulul, tiga hal utama dalam menjaga pola hidup sehat tersebut dapat menjadi penopang agar kesehatan tetap terjaga. Dengan hidup yang sehat, maka obat-obatan akan ditinggalkan.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya