Tips Jalani Pola Hidup Sehat untuk Cegah Sakit Batu Ginjal

Ilustrasi pola hidup sehat.
Sumber :
  • Pixabay

JAKARTA – Salah satu masalah utama urologi yang diderita oleh masyarakat di Indonesia adalah batu ginjal dan saluran kencing. Meski saat ini banyak metode canggih yang bisa mengobati masalah batu ginjal seperti metode RIRS (Retrograde Intrarenal Surgery), namun, masalah kesehatan satu ini tetap wajib dihindari.

Parto Patrio Rela Nahan Sakit Demi Tepati Janji Liburan Keluarga ke Bali

Seperti diketahui, RIRS memang menjadi terobosan dalam dunia bedah untuk pengobatan batu ginjal. Metode minimal invasif ini tidak hanya efektif mengatasi masalah batu ginjal, tetapi juga memberikan sejumlah keunggulan dibandingkan dengan metode bedah lainnya.

Pola Hidup Sehat untuk Pencegahan Batu Ginjal

Parto Patrio Terbaring Lemah di RS Usai Operasi, Istri: Patah Hati Aku

Prof. DR. dr. Nur Rasyid, Sp.U (K), yang merupakan salah satu dokter spesialis di RS Siloam ASRI, Prof. Nur Rasyid memberikan beberapa tips menjalani pola hidup sehat dalam mencegah terjadinya sakit batu ginjal.

5 Manfaat Luar Biasa Alpukat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Bisa Cegah Penuaan Dini

Berikut adalah beberapa tips yang dapat diikuti:

a. Minum air yang cukup

Ilustrasi minum air/air putih.

Photo :
  • Pexels/Karolina Gabrowska

Salah satu penyebab utama batu ginjal adalah dehidrasi. Minumlah air yang cukup setiap hari untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Ini akan membantu melarutkan mineral dan mencegah pembentukan batu ginjal yang baru.

b. Batasi konsumsi garam

Ilustrasi garam.

Photo :
  • Pixabay/bykst

Makanan yang tinggi garam dapat meningkatkan risiko batu ginjal. Batasi konsumsi makanan olahan tinggi garam dan hindari menambahkan garam berlebih ke dalam makanan.

c. Kurangi konsumsi makanan tinggi oksalat

Ilustrasi Teh Hitam

Photo :
  • Pixabay

Makanan seperti bayam, bit, cokelat, dan teh hitam mengandung zat yang disebut oksalat yang dapat berkontribusi terhadap pembentukan batu ginjal. Kurangi konsumsi makanan ini, terutama jika memiliki riwayat batu ginjal.

d. Konsumsi makanan kaya serat

Makan buah buahan

Photo :
  • Pinkvilla

Makanan tinggi serat, seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian, dapat membantu mengurangi risiko batu ginjal. Serat membantu mengikat zat-zat yang dapat membentuk batu ginjal dalam sistem pencernaan dan memastikan pengeluaran mereka dari tubuh.

e. Olahraga teratur

Ilustrasi olahraga/push up.

Photo :
  • Pexels/Monstera

Berolahraga secara rutin dapat membantu menjaga kesehatan umum, termasuk kesehatan ginjal. Melalui olahraga, dapat menjaga berat badan yang sehat dan mengurangi risiko penyebab batu ginjal, seperti obesitas dan tekanan darah tinggi.
 
RIRS adalah teknik bedah efektif dalam mengobati batu ginjal dengan metode minimal invasif. Dengan berbagai keunggulan yang ditawarkan, RIRS telah membantu banyak pasien memperoleh pemulihan yang cepat dan mengatasi masalah batu ginjal yang membuat tidak nyaman. Selain itu, menjalani pola hidup sehat dengan mengatur diet dan melakukan olahraga teratur juga sangat penting dalam mencegah terjadinya sakit batu ginjal. Dengan kombinasi antara peralatan medis yang tepat dan pola hidup sehat, kita dapat menjaga kesehatan ginjal kita dengan baik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya