Stimulasi Sosialisasi Anak dengan Playdate

Ilustrasi kakak beradik.
Sumber :
  • Pixabay/HaiRobe

VIVA.co.id – Penerapan dalam mengajarkan ragam keterampilan sosial pada anak memang berbeda di tiap usianya. Untuk si kecil yang sudah mencapai usia empat hingga enam tahun, penting untuk mengajarkan playdate dengan teman sepermainannya.

Mengenali Tanda-Tanda Tantrum Tidak Normal pada Anak, Orang Tua Harus Merespons dengan Cermat

Playdate atau bermain bersama sebenarnya merupakan kebutuhan semua anak-anak. Tapi, stimulasi dengan playdate ini bisa optimal di usia anak yang mencapai empat hingga enam tahun.

"Beri banyak kesempatan bermain dengan teman seusianya karena usia anak-anak memang membutuhkan kesempatan bermain tapi tetap dengan monitoring orangtua," ucap psikolog anak, Anna Surti Ariani, yang ditemui dalam acara ‘Dukungan Anak Indonesia Menjadi Anak Yang Supel, SGM Eksplor’, di kawasan Gatot Subroto, Jakarta, Selasa 27 September 2016.

Anutusias Punya Anak Perempuan, Alyssa Soebandono Sampai Lakukan Hal Ini

Anna mengatakan bahwa playdate bisa diarahkan orangtua dengan mengajari si kecil untuk mengajak teman sepermainannya datang bermain ke rumah. Dengan mengundang temannya untuk datang ke rumah, maka si kecil diajarkan untuk terbiasa menerapkan sosialisasi yang baik dengan teman sepermainannya.

"Penting bisa ajari anak untuk mengundang temannya ke rumah. Dengan begitu, misalnya ada makanan atau kue di toples, si kecil bisa ajarkan berbagi dengan temannya itu melalui memberikan kuenya," tuturnya.

Skenario Tante Bunuh Keponakan di Tangerang, Ambil Perhiasan Korban Biar Dikira Kasus Pencurian

Menurut Anna, playdate ini membuat si kecil bisa menerapkan keterampilan sosial, salah satunya yaitu paham cara berbagi. Sebab, penting untuk menerapkan hal ini agar menurunkan sifat egoisentris pada si kecil.

"Penting menerapkan cara berbagi ini agar anak paham dan lebih empati terhadap temannya. Setelah anak mampu berbagi, orangtua juga harus memberikan apresiasi berupa pujian agar anak merasa dihargai," kata dia.

Ilustrasi anak sekolah

Jangan Ragu Masukkan Anak ke PAUD Bun, Ini 5 Manfaat Pentingnya

Pendidikan Usia Dini (PAUD atau Preschool) yang berkualitas tak hanya mempersiapkan anak-anak untuk masuk sekolah dasar, tetapi juga membentuk kesejahteraan emosional.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024