Ini Sinyal Anda Perlu Jauhi Gadget

Pemerintah AS melarang warga dari negara-negara Timur Tengah membawa gadget ke dalam kabin pesawat.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Kemajuan teknologi memang membawa manfaat tersendiri bagi aktivitas sehari-hari. Namun demikian, tetap ada efek negatif yang kerap ditimbulkan oleh teknologi itu sendiri.

Pemprov Sumut Optimalkan Teknologi Informasi dalam Sukseskan Penyelenggaraan PON 2024

Menurut Dr Garry Small, Profesor Psikiatri dari UCLA Semel Institute Amerika Serikat, penggunaan teknologi khususnya gadget secara berlebih cukup mengkhawatirkan. Hal ini, bisa meningkatkan tingginya risiko epidemi obesitas dan kenaikan berat badan.

Untuk itu, ia menyarankan, akan lebih baik, setiap orang membatasi penggunaan teknologi dalam kehidupan sehari-hari. Namun, hingga kini, belum ada penelitian lebih lanjut tentang berapa lama seseorang sebaiknya menggunakan teknologi.

Jokowi Tawarkan CEO Microsoft Bangun Pusat Riset Teknologi di IKN

"Setiap individu memiliki pengalaman dan batasan yang berbeda-beda. Tergantung bagaimana pengalaman mereka di depan meja atau duduk menggunakan gadget. Jadi jika kita duduk dan bekerja dengan menggunakan e-mail selama dua jam mungkin, waktu istirahat akan sama dengan waktu bekerja,"  kata Garry dalam konferensi pers di Novotel Tangerang, Jawa Barat, Senin, 10 Oktober 2016.

Ia mengatakan, setelah dua jam menggunakan gadget, tubuh akan mengalami kelelahan mental. Selain itu sendi-sendi terutama pada leher dan juga punggung bisa jadi terasa pegal. Untuk itu ia menyarankan, setiap orang setelah menggunakan gadget, melakukan peregangan ringan.

Pentingnya Menetapkan Batasan Gadget pada Anak, Para Orang Tua Harus Tahu

Prinsip yang sama juga bisa diterapkan untuk anak. Karena efek gadget pada anak bisa sangat berbahaya. Salah satu efek buruknya, jika anak rutin menggunakan gadget akan sangat sulit menjadi pendengar yang baik, sering mengabaikan ucapan orangtua, dan mudah marah.

"Jika hal ini sudah terjadi, sudah saatnya mengurangi penggunaan gadget pada anak," katanya.

Ia juga mengatakan, toleransi penggunaan gadget tiap orang akan berbeda. "Kita juga bisa menggunakan apliaksi di gadget untuk mengingatkan kapan waktunya untuk istirahat," tambah Garry.

Selain itu, bagi orang dewasa, ia juga menyarankan untuk menggunakan sejumlah aplikasi di gadget yang justru membantu untuk berolahraga dan hidup sehat.

Banyak aplikasi di smartphone yang  membantu orang untuk melakukan banyak kegiatan olahraga, meditasi,  dan ada banyak games yang membantu meningkatkan kesejahteraan mental seseorang.

"Jadi ada banyak banyak peluang positif, jika menggunakan gadget dengan bijak," ucap dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya