Kebiasaan Buruk yang Harus Dihindari Penderita Diabetes

Tes gula darah penderita diabetes
Sumber :
  • REUTERS/Beawiharta

VIVA.co.id – Ketika tingkat gula darah atau glukosa dalam darah  menjadi tinggi, tubuh mengalami sejumlah gejala seperti sering buang air kecil, rasa haus yang berlebihan, kelaparan, penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan, kapastias penyembuhan luka yang lambat dan kelelahan,

783 Juta Orang Akan Menderita Diabetes Tahun 2045

Jadi, penting untuk mengikuti rutinitas diet sehat dan menghindari makan-makanan tertentu, untuk menjaga gejala tersebut. Berikut adalah kebiasaan makan yang harus dihindari bagi penderita diabetes seperti dilansir dari Boldsky.

1. Melewatkan sarapan
Melewatkan sarapan adalah kebiasaan diet yang tidak sehat bagi siapa pun pada umumnya. Namun, itu bahkan lebih buruk untuk penderita diabetes karena jika mereka tidak makan secara teratur, dapat mengakibatkan kadar gula darah rendah, menyebabkan gejala yang tidak diinginkan.

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

2. Mengonsumsi lemak berlebihan
Tips diet untuk penderita diabetes termasuk menghindari lemak tidak sehat yang dapat menyebabkan pembentukan kolesterol.  Diabetes ditambah dengan kolesterol bisa sangat berbahaya!

3. Mengonsumsi daging berlebihan
Kebiasaan lain yang tidak sehat bagi pasien diabetes adalah makan daging berlebihan. Daging kaya akan kandungan protein, dan protein dapat lebih memperburuk keseimbangan glukosa darah, terutama jika itu adalah daging merah.

Segar dan Wangi, Inilah Khasiat Daun Mint untuk Penderita Diabetes

4.Kekurangan gizi
Hal ini penting bagi pasien diabetes untuk mengikuti diet seimbang. Mereka harus mendapatkan semua nutrisi seperti karbohidrat, mineral, vitamin, dalam jumlah yang sama. Bahkan jika salah satu nutrisi yang dikonsumsi terlalu kurang atau lebih, dapat memperburuk gejala diabetes.

5. Mengabaikan rasa lapar
Selain itu kebiasaan lainnya yang tidak sehat bagi penderita diabetes dan harus dihindari adalah mengabaikan rasa lapar mereka atau telat makan.  Kebiasaan ini dapat segera menurunkan tingkat gula darah dan menyebabkan kondisi yang disebut syok hipoglikemik, di mana orang tersebut bahkan bisa mengalami kejang dan kematian.

6. Makan larut malam
Makan terlalu larut malam, hampir dekat dengan waktu tidur, juga dapat menyebabkan lonjakan kadar gula darah, sehingga memperburuk gejala diabetes.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya