Gaya Bermain dengan Anak yang Bisa Menimbulkan Bahaya

Ilustrasi ibu dan anak bermain
Sumber :
  • Pixabay/ golso

VIVA.co.id – Ketika bermain atau berjalan-jalan dengan buah hati, Anda tentu pernah mengayun mereka dengan tangan. Aktivitas ini memang terlihat menyenangkan bagi mereka, tapi sejumlah ahli memperingatkan bahwa aktivitas ini bisa menyebabkan cedera serius pada tangan anak.

Nikita Mirzani Nilai Kelakuan Lolly Semakin Memperburuk Keadaan

Anak-anak usia prasekolah, usia antara 1-4 tahun, memiliki ligamen yang lebih kendur dan tulang yang masih belum terbentuk sempurna. Artinya, mereka rentan mengalami kondisi yang dinamakan 'nursemaid's' atau siku yang tertarik.

Menurut situs Kids Health yang dijalankan oleh lembaga nonprofit Nemours Foundation, seiring pertumbuhan anak, tubuh mereka akan berkurang kerentanannya terhadap cedera.

Lolly Ngaku Bakal Berkarier di Indonesia, Ingin Buat Nikita Mirzani Bangga

Dilansir Independent, sikut menghubungkan bagian atas dan bawah tulang lengan, dan ligamen yang mengelilingi radial dapat mengendur pada anak-anak usia prasekolah.

Siku nursemaid's terjadi akibat ligamen yang meleset atau robek, terkadang disebabkan oleh tekanan kecil yang sering.

Ada Apa dengan Lolly? Ungkapan Capek dan Keinginan Hidup Tenang Jadi Sorotan

Cedera ini juga bisa disebabkan ketika Anda mengangkat anak dengan tangannya, menggapai tangan mereka dengan cepat dan menyentak lengan mereka saat mereka berguling di kasur dengan cara tak biasa atau saat terjatuh.

Meski cedera ini tidak menyebabkan kerusakan jangka panjang, namun tetap menyakitkan dan membuat anak bisa dilarikan ke unit gawat darurat.

"Tarikan berlebih secara tiba-tiba yang berlebihan pada anggota tubuh atas dapat berpotensi menyebabkan cedera pada sendi di anggota tubuh bagian atas," kata ahli bedah orotpedik Amir Khan.

Ilustrasi anak aktif

Berdasarkan pengalaman Khan, insiden cedera pada bahu dan siku karena anak yang diayun menggunakan tangannya memang masih sedikit. Namun, jelas sekali orangtua atau pengasuh untuk selalu menggunakan akal sehat dan perhatian saat bermain dengan anak-anak.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya