Empat Makanan Kaya Probiotik

Ilustrasi yoghurt
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Ketika umur semakin bertambah, bakteri probiotik dalam tubuh semakin berkurang disebabkan oleh berbagai faktor seperti penyakit dan antibiotik. Oleh karena itu, penting untuk mengonsumsi makanan dengan kadar probiotik tinggi. Selain membantu peroses pencernaan, bakteri probiotik mampu meningkatkan sistem imun dan membantu menjaga berat tubuh tetap stabil. Berikut 4 makanan dengan kadar probiotik tinggi yang bisa Anda konsumsi, seperti yang dilansir dari laman Lifehack:

A Company Offers IDR158 Million for 30 Days Without Smartphone

Poi (bubur talas)

Poi atau bubur talas sangat mudah ditemui di Hawaii. Seperti namanya, makanan ini terbuat dari talas terdiri dari beberapa jenis berbeda tergantung kepadatannya, Biasanya poi dinikmati tanpa sendok alias dengan tangan. Poi mengandung lebih banyak probiotik ketimbang yoghurt. Anda bisa membuat sendiri kreasi poi di rumah.

5 Sarapan Terbaik Pangkas Kolesterol Tinggi, Mudah Dibuat!

Kimchi

Makanan asal Korea ini terbuat dari kubis atau kol yang difermentasi dan rasanya seperti asinan pedas karena mengandung cuka, cabai dan rempah-rempah lain. Tidak hanya menjadi sumber yang baik untuk probiotik dan lactobacillus, kimchi juga mampu menurunkan kadar kolesterol dan mampu mencegah kanker perut.

4 Cara Membuat Yoghurt Sendiri di Rumah, Lebih Sehat dan Praktis

Su fu atau dou fu ru

Su Fu dibuat dengan cara menambahkan bakteri dan membuatnya menyerupai tahu lalu dicampur dengan bahan dasar tahu, pasta kedelai, cuka beras, garam dan rempah-rempah. Biasanya su fu dinikmati dengan sedikit garam atau dicampur dengan bubur.

Kefir

Kefir merupakan susu fermentasi yang memiliki rasa lebih masam dibanding yoghurt. Meskipun proses pembuatannya hampir sama dengan yogurt, kefir memiliki kandungan serat kefir yang terdiri dari gula, protein dan lemak yang sudah dicampurkan dengan bakteri kefir.

Ilustrasi Kimchi

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya