Memaksa Anak Makan Sampai Habis Picu Obesitas

Anak makan sayur
Sumber :
  • Pixabay/ avitalchn

VIVA.co.id – Menurut sebuah penelitian, jika Anda memaksa buah hati makan hingga piringnya bersih, hal itu bisa memicunya makan berlebih di lain waktu.

Tempeh May Prevent Children Have Disease Because Low Immunity

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Nebraska memperingatkan bahwa peraturan ‘piring bersih’ ini bisa jadi hal yang berbahaya karena berpotensi memicu makan secara berlebihan.

Sudah banyak penelitian sebelumnya yang menyimpulkan bahwa ketika anak mengalami praktik makan yang dikendalikan, mereka akan kehilangan kemampuan untuk mengenali rasa laparnya sendiri dan berhenti makan ketika mereka kenyang.

Dukung Ibu Bekerja, P&G Sediakan Daycare Ramah Anak

Dilansir Daily Mail, seiring waktu anak yang dipaksa makan hingga piringnya bersih setiap waktu makan, kemungkinan dia akan lebih memilih makanan manis dan berisiko mengalami berat badan berlebih atau obesitas.

Menurut laporan penelitian yang terdapat di Journal of the Academy of Nutrition and Dietetics, dalam sebuah survei baru-baru ini yang dilakukan beberapa daycare menunjukkan bahwa beberapa pekerja salah mengira kalau mendorong anak makan sampai bersih dapat menimbulkan kebiasaan makan yang sehat.

DPR Ingin Jadi Role Model Buat Fasilitas Daycare Bagi Pegawai

"Penelitian ini juga menemukan bahwa para pekerja daycare melakukan praktik makan hingga bersih karena takut dengan reaksi negatif orangtua jika mengetahui anaknya tidak makan," kata pemimpin penelitian Dipti Dev, seorang ahli perilaku sehat anak di University of Nebraska in Lincoln.

Dev menambahkan, pekerja daycare seharusnya menghindari kebiasaan mengendalikan pola makan anak seperti memberi makanan sebagai hadiah, mendorong tapi tidak menekan mereka untuk memakan makanan mereka, dan hindari memberi pujian pada anak yang menghabiskan makanan hingga piringnya bersih.

Anak ingin makan

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya