Tujuh Sinyal Gejala Kanker yang Sering Diabaikan

Ilustrasi kanker.
Sumber :
  • Pixabay/PDPics

VIVA.co.id – Kanker merupakan penyakit tidak menular yang ditandai dengan adanya sel atau jaringan abnormal yang bersifat ganas dan menyebar dengan cepat. Sifatnya yang merusak sel-sel normal di sekitarnya, dapat pula merusak fungsi dari organ lain.

Bukan Lagi Penyakit Orangtua, Penderita Kanker di Usia Muda Meningkat 79 Persen

Karena kanker dapat menyebar dan merusak organ lain, juga menyerang berbagai kalangan usia, maka dibutuhkan sebuah kewaspadaan pada seluruh masyarakat. Salah satunya dengan memahami bentuk tubuhnya secara baik.

"Masih rendahnya kesadaran, pengertian dan pengetahuan masyarakat mengenai kanker, menjadi kendala terbesar di Indonesia," ujar Ketua Perhimpunan Onkologi Indonesia, Dr. dr. Aru Wicaksono, SpPD-KHOM,FACP, di Jakarta, Kamis, 20 Oktober 2016.

10 Cara Mengurangi Risiko Kanker, Murah dan Mudah Dilakukan

Gejala kanker secara umum, dapat dikenali dengan mudah, namun tidak banyak orang yang memahami hal tersebut. Salah satunya waktu buang air kecil atau besar yang mengalami gangguan atau tidak seperti biasanya.

"Kemudian alat pencernaannya terganggu dan susah menelan. Setelahnya, bisa juga dilihat dari suara serak atau batuk yang tidak sembuh-sembuh," katanya.

Daun Sirsak dan Kulit Manggis Hanya Mitos Obat Kanker, Ini Kata Dokter

Selain itu, Aru menuturkan, ada beberapa tahi lalat yang berubah sifatnya yakni menjadi besar, gatal dan dalam jangka waktu lama. Tidak hanya itu, timbulnya cairan seperti darah dan lendir yang abnormal, keluar dari tubuh.

"Lalu yang paling mudah dikenali yaitu adanya borok di bagian tubuh yang tidak sembuh dan adanya benjolan yang teraba."

Ilustrasi kanker serviks.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya