Waspadai Risiko Kanker Tulang dari Kecelakaan, Bisa Picu Peradangan Parah

Ilustrasi tulang tua.
Sumber :
  • http://penghuni60sains.blogspot.com

VIVA Lifestyle – Kanker tulang adalah jenis kanker yang berasal dari sel-sel tulang yang mengalami pertumbuhan tidak normal dan tidak terkendali. Penyebab pasti dari sebagian besar kasus kanker tulang belum sepenuhnya dipahami, tetapi kebanyakan kasus kanker tulang tidak berhubungan dengan kecelakaan.

Apes, Karyawan Diler Bikin Ferrari F40 Seharga Rp51 Miliar Ringsek Parah

Sebagian besar kanker tulang adalah hasil dari faktor risiko genetik, paparan radiasi ionisasi, dan sebagian kecil dapat terkait dengan penyakit tertentu. Dalam konteks kecelakaan atau trauma fisik, terdapat dua skenario yang perlu dipertimbangkan. Berikut dihimpun dari berbagai sumber.

Kecelakaan dan Cidera Tulang

MPMInsurance Ungkap Perlindungan Asuransi Kecelakaan yang Banyak Orang Belum Tahu

Kecelakaan atau trauma fisik dapat menyebabkan patah tulang atau cedera serius pada tulang. Meskipun kecelakaan bisa merusak tulang secara signifikan, ini biasanya tidak langsung menyebabkan kanker tulang.

Mengenal Penyakit Radang Usus, Bisa Sebabkan Kanker Usus Besar Jika Dibiarkan

Namun, jika tulang mengalami cedera parah atau trauma berulang, hal ini bisa memicu peradangan dan proliferasi sel yang tidak normal, yang pada akhirnya dapat meningkatkan risiko penyakit seperti osteosarkoma (kanker tulang primer).

Radiasi Ionisasi selama Penanganan Medis

Paparan radiasi ionisasi yang tinggi, seperti yang terjadi dalam radioterapi untuk mengobati kanker lain, dapat meningkatkan risiko kanker, termasuk kanker tulang. Radiasi ionisasi memiliki kemampuan untuk merusak DNA dalam sel, dan jika sel-sel tulang mengalami kerusakan genetik yang signifikan, hal ini dapat menyebabkan pertumbuhan sel yang tidak normal.

Penting untuk diingat bahwa kanker tulang adalah kondisi yang jarang terjadi. Jika Anda mengalami cedera tulang atau kecelakaan, penting untuk mendapatkan perawatan medis yang tepat dan mematuhi instruksi dokter untuk meminimalkan risiko komplikasi.

Jika Anda memiliki kekhawatiran tentang risiko kanker tulang atau kondisi kesehatan Anda secara keseluruhan, penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau spesialis kesehatan yang kompeten. Namun, sebelum konsultasi ke dokter ada baiknya kita kenali dulu apa saja penyebab terkena risiko kanker tulang berikut ini.

Ilustrasi tulang

Photo :
  • Zheng Gu Shui

Penyebab Kanker Tulang

Kanker tulang tidak biasanya disebabkan langsung oleh kecelakaan atau trauma fisik. Kanker tulang adalah penyakit di mana sel-sel tulang tumbuh dan berkembang secara tidak terkendali, membentuk tumor ganas pada tulang. Kondisi ini lebih sering terjadi karena faktor genetik, genetik bawaan, atau mutasi sel yang tidak terkendali daripada karena trauma fisik.

Penyebab kanker tulang dapat meliputi:

  • Mutasi Genetik: Perubahan atau mutasi genetik dalam DNA sel tulang dapat memicu pertumbuhan sel yang tidak terkendali, yang kemudian dapat berkembang menjadi kanker tulang.
  • Faktor Genetik dan Riwayat Keluarga: Kanker tulang dapat terjadi dalam keluarga tertentu akibat faktor genetik yang diwarisi. Jika ada riwayat kanker tulang dalam keluarga Anda, Anda mungkin memiliki risiko yang lebih tinggi untuk mengembangkan penyakit ini.
  • Radiasi Ionisasi: Paparan tinggi terhadap radiasi ionisasi, seperti dalam pengobatan radioterapi untuk kanker atau paparan radiasi lainnya, dapat merusak DNA dalam sel tulang dan meningkatkan risiko kanker tulang.
  • Paparan Zat Kimia Beracun: Paparan zat-zat kimia beracun, seperti bahan kimia beracun yang terkandung dalam lingkungan atau tempat kerja tertentu, dapat mempengaruhi sel-sel tulang dan meningkatkan risiko kanker tulang.
  • Kondisi Medis Tertentu: Beberapa kondisi medis yang jarang, seperti penyakit Paget (penyakit tulang yang mengganggu siklus normal pembentukan tulang), dapat meningkatkan risiko kanker tulang.
  • Riwayat Radiasi: Orang yang sebelumnya menjalani radioterapi untuk kondisi medis lain, terutama pada area yang meliputi tulang, dapat memiliki risiko lebih tinggi untuk mengembangkan kanker tulang di masa depan.

Karena kanker tulang lebih sering disebabkan oleh faktor genetik dan mutasi sel daripada trauma fisik, penting untuk mendekati risiko ini dengan pemahaman yang akurat. Apabila Anda memiliki kekhawatiran tentang risiko kanker tulang atau kondisi kesehatan Anda secara keseluruhan, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter atau spesialis kesehatan yang kompeten.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya