Deretan Kebiasaan Sehat yang Bisa Berdampak Buruk

Ilustrasi makanan sehat
Sumber :
  • Eat This

VIVA Lifestyle – Dalam perjalanan menuju kehidupan yang lebih sehat, banyak dari kita mencari kebiasaan-kebiasaan positif yang dapat meningkatkan kesejahteraan kita. Namun, seperti dalam segala hal, terlalu banyak dari sesuatu yang baik bisa berubah menjadi hal yang buruk.

Kesehatan Makin Memburuk, Istana Buckingham Perbarui Rencana Pemakaman Raja Charles III

Nah kali ini VIVA akan mengulas beberapa kebiasaan sehat yang ternyata bisa berdampak negatif jika dijalani secara berlebihan.

Berikut beberapa contohnya, dihimpun dari berbagai sumber:

5 Manfaat Luar Biasa Alpukat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Bisa Cegah Penuaan Dini

Minum air putih.

Photo :
  • Times of India

1. Minum Air yang Terlalu Banyak

Ramalan Zodiak Jumat 26 April 2024: Taurus Harus Waspada dengan Rekan Kerja, Leo Kena Tekanan Mental

Air adalah elemen penting bagi tubuh kita, dan memastikan kita terhidrasi dengan baik adalah langkah penting menuju kesehatan. Namun, minum air dalam jumlah yang berlebihan, yang dikenal sebagai "hiperhidrasi," dapat mengganggu keseimbangan elektrolit dalam tubuh. Ini bisa mengakibatkan rendahnya kadar natrium dalam darah, yang dikenal sebagai hiponatremia, yang dapat berpotensi berbahaya dan menyebabkan gejala seperti kebingungan, mual, dan bahkan kejang.

Pesan di sini adalah untuk minum air dalam jumlah yang cukup untuk merasa terhidrasi, tetapi tidak berlebihan. Kebutuhan air individu berbeda, jadi penting untuk mendengarkan tubuh Anda dan minum air saat merasa haus.

2. Menghindari Semua Lemak

Mengurangi konsumsi lemak jenuh dan trans adalah langkah sehat untuk melindungi jantung dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Namun, ada jenis lemak yang baik dan diperlukan oleh tubuh kita, seperti lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda yang ditemukan dalam alpukat, ikan berlemak, dan minyak zaitun.

Menghindari semua lemak, bahkan yang sehat, dapat mengakibatkan kekurangan asam lemak esensial dan nutrisi penting lainnya. Oleh karena itu, perlu memahami perbedaan antara lemak sehat dan lemak jenuh/trans dan memasukkan lemak sehat ke dalam diet dengan bijak.

3. Minum Jus Buah Berlebihan

Meskipun jus buah mengandung nutrisi, mereka juga mengandung banyak gula alami. Minum jus buah berlebihan bisa menyebabkan lonjakan gula darah dan peningkatan risiko obesitas.

4. Makan Sarapan Penuh Gula

Sarapan yang mengandung sereal atau yogurt dengan banyak gula tambahan sering dianggap sebagai makanan sehat. Namun, makanan ini seringkali kurang mengenyangkan dan bisa menyebabkan lonjakan gula darah.

5. Terlalu Banyak Diet dan Perhitungan Kalori:

Mengikuti diet yang seimbang dan mengontrol asupan kalori adalah langkah yang baik dalam mencapai atau menjaga berat badan yang sehat. Namun, terlalu banyak memikirkan diet, terus-menerus menghitung kalori, atau mengikuti diet yang sangat ketat dapat berdampak negatif pada aspek psikologis kita.

Kebiasaan ini dapat menyebabkan stres, kecemasan, atau bahkan gangguan makan seperti ortoreksia. Fokus pada makan dengan bijak, memilih makanan yang bergizi, dan merayakan kebahagiaan makanan adalah pendekatan yang lebih sehat untuk menghadapi diet.

Ilustrasi diet.

Photo :
  • Pexels/rawpixel.com

6. Mengabaikan Kualitas Tidur

Terlalu banyak bekerja atau mengabaikan tidur dapat berdampak negatif pada kesehatan fisik dan mental, meskipun sebagian orang menganggapnya sebagai tanda produktivitas.

7. Minum Vitamin dan Suplemen Berlebihan

Terlalu banyak mengonsumsi vitamin dan suplemen tertentu dapat berisiko dan bahkan berbahaya. Lebih baik mendapatkan nutrisi dari makanan yang seimbang.

Keseimbangan adalah kunci dalam menjalani gaya hidup yang sehat. Kebiasaan-kebiasaan sehat yang dijalani secara berlebihan dapat berubah menjadi buruk dan berpotensi membahayakan kesehatan kita. Oleh karena itu, penting untuk mendengarkan tubuh kita, berkonsultasi dengan profesional kesehatan, dan selalu berusaha untuk mencapai keseimbangan dalam semua aspek kehidupan kita.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya