Survei: Wanita Lebih Sering Ganti Sikat Gigi Dibanding Pria

Ilustrasi sikat gigi.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Sebuah survei terbaru mengungkapkan bahwa wanita ternyata dua kali lebih sering mengganti sikat giginya dibandingkan pria.

Jangan Abai, Kebiasaan Ngopi Picu Gigi Kusam

Survei menyebutkan bahwa rata-rata wanita akan mengganti sikat giginya setiap 92 hari, sedangkan pria tetap memakai sikat gigi mereka dua kali lebih lama, rata-rata selama 185 hari.

Artinya, pria menggunakan sikat gigi mereka rata-rata selama enam bulan. Hal itu berpotensi meningkatkan risiko kesehatan gigi dan gusi mereka.

Bangun Tidur Jangan Langsung Sikat Gigi, sampai Gejala COVID-19

Para dokter gigi merekomendasikan bahwa sikat gigi harus diganti setiap tiga bulan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut yang optimal.

Dilansir dari laman Daily Mail, temuan ini merupakan hasil survei dari 1.000 pasien yang dilakukan oleh klinik Carisbrook Dental, salah satu klinik gigi terkemuka di Manchester, Inggris.

dr. Zaidul Akbar: Bangun Tidur Jangan Sikat Gigi, Lakukan Ini Dulu

"Semua penelitian kami menunjukkan bahwa wanita merawat kesehatan gigi dan mulutnya lebih serius dibanding pria. Mereka memberikan perhatian dua kali lebih banyak dan memiliki gigi dan gusi yang lebih sehat," kata pemilik klinik, Dr TarIq Idrees.

Sementara pria, lanjut Dr Idrees, membuat kesehatan mereka berisiko dengan menggunakan sikat gigi dalam waktu yang terlalu lama.

Membuang sikat gigi setelah dipakai selama tiga bulan memang sepertinya terlalu singkat, tapi pikirkan tentang kuman, virus, dan bakteri yang terpapar pada sikat gigi Anda setiap hari. Dr Idrees juga mengatakan bahwa kuman yang bersarang di sikat gigi bisa dibersihkan dengan cara merendamnya di dalam obat kumur antiseptik selama satu jam.

Ilustrasi sikat gigi.

(ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya