Lima Makanan Anti-Stres di Pagi Hari

Ilustrasi ubi.
Sumber :
  • Pixabay/sdnet01

VIVA.co.id – Padatnya kegiatan dan banyaknya tuntutan tentu bisa memicu stres. Selain rekreasi, ternyata makanan juga mampu membantu mengurangi stres Anda, terutama makanan yang Anda konsumsi pertama kali di pagi hari.

6 Tips Membuat Hidup Lebih Tenang, Pikiran Lebih Relaks

Dilansir laman Extra Crispy, terdapat beberapa makanan yang bisa memberikan efek positif pada otak untuk memproduksi senyawa yang membuat suasana hati Anda menjadi lebih baik. Tak hanya itu, beberapa makanan tersebut juga bisa membantu Anda kenyang lebih lama.

Ubi
Ubi dikenal kaya akan karbohidrat. Karbohidrat itu mampu meningkatkan kadar serotonin. Tak hanya itu, serat pada ubi juga akan membuat Anda kenyang lebih lama.

Bukan Cuma Biar Adem, Tidur Telanjang Ternyata Bermanfaat untuk Kesehatan


Gandum
Seperti diketahui, gandum sangat kaya akan serat sehingga dapat membuat Anda kenyang lebih lama dan mengurangi tekanan darah. Gandum juga baik dikonsumsi saat sarapan pagi. Saat Anda sedang dalam keadaan stres, dan ada baiknya mengonsumsi bubur gandum di pagi hari.

Jeruk
Jeruk diketahui mengandung vitamin C. Meskipun Anda tahu bahwa vitamin C adalah senyawa penting untuk meningkatkan kekebalan sistem imun, namun ternyata vitamin ini juga bisa berperan sebagai antioksidan untuk mengurangi stres karena bisa melawan kortisol (hormon stres) dalam tubuh.  

Jangan Anggap Remeh, Ini 4 Tanda yang Menunjukkan Anda Alami Stres

Sayuran hijau
Mulai dari bayam hingga kale (sejenis selada), semua sayuran hijau dikenal kaya akan magnesium, yaitu senyawa yang bisa terkuras dengan cepat saat stres. Tak hanya itu, sayuran hijau juga mengandung folat yang mampu memicu produksi dopamin dalam tubuh.

Salad buah dan sayuran segar.

Susu
Tubuh menciptakan sendiri vitamin D dengan bantuan matahari, namun vitamin ini juga bisa ditemukan dalam susu. Vitamin D juga memiliki peran besar dalam mengurangi stres. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya