Lima Manfaat Espresso Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

Ilustrasi pembuatan kopi
Sumber :
  • pixabay/unsplash

VIVA.co.id – Setiap orang tahu, bahwa konsumsi secangkir kopi mampu menambah asupan kafein dalam tubuh. Tapi yang tidak banyak diketahui, bahwa ternyata espresso juga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh.

Anji Ungkap Kronologi Sang Ayah Meninggal Dunia

Dilansir dari laman Lifehack.org berikut ini lima manfaat kesehatan dari minum espresso, mulai dari meningkatkan fungsi ingatan hingga mampu turunkan berat badan.

1. Meningkatkan memori jangka panjang

Stroke Harus Ditangani dengan Cepat dan Efektif, Kenali Apa Itu 'Stroke Ready Hospital'

meminum segelas espresso hangat ternyata tidak hanya sekadar memberikan kafein dalam tubuh, melainkan juga mampu meningkatkan memori jangka panjang.

Michael Yassa, seorang neurosains dari Universtitas california, telah melakukan studi yang menemukan dua buah gelas espresso mampu meningkatkan proses konsolidasi memori. Proses ini, mampu meningkatkan memori jangka panjang pada seseorang.

Pria Lebih Rentan Terkena Stroke Dibanding Wanita, Kenapa?

2. Meningkatkan perhatian

Banyak orang memulai hari dengan segelas espresso di pagi hari. kafein telah banyak diketahui mampu mengurangi gejala kelalahan dan rasa kantuk. Selain itu, kafein juga mampu meningkatkan kesiagaan secara berkelanjutan dan juga kewasapadaan.

kopi juga memiliki kandungan konsentrat dopamin, yang berpengaruh pada salah satu bagian otak yang berhubungan dengan kesiagaan. Tapi, telalu banyak kafein juga dapat membuat gelisah, sehingga membuat sulit berkonsentrasi.

3. Menurunkan berat badan

Hal yang tidak banyak diketahui tentang espresso ialah bahwa minuman ini rendah kalori. Minuman ini hanya mengandung sekitar tiga kalori per ons, kecuali jika menambahkan krim ataupun gula.

Disamping itu, espresso juga mampu membantu proses olahraga atau menurunkan berat badan. sebuah studi yang dipblikasikan dalam Medicine and Science in Sports Journal, menemukan bahwa kafein membuat olahraga terasa lebih ringan, dengan menurunkan tingkat persepsi tenaga lebih dari 5 persen.

4. Mengurangi risiko stroke

Dalam sebuah studi yang dilakukan oleh Susanna Larson di Swedia, peneliti ini menemukan bahwa meminum paling tidak satu gelas kopi perhari mampu menurunkan risiko pada stroke. Hasil ini merujuk pada kandungan antioksidan yang terkandung dalam kopi.

studi ini memfokuskan pada wanita selama periode 10 tahun. Mereka menyimpulkan, bahwa meminum satu atau lebih kopi bisa mengurangi kesempatan menderita stroke selama 25 persen.

5. Menurunkan risiko diabetes

Dalam sebuah studi yang dilakukan di Harvard School of Public Health, para peneliti menemukan bahwa semakin tinggi konsumsi kopi berhubungan dengan menurunnya risiko diabetes tipe 2. Studi ini menganalisa konsumsi kafein pada pria dan wanita selama periode empat tahun.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya