Tips Tak Tertular Flu di Tempat Kerja

Ilustrasi flu dan batuk
Sumber :
  • Telegraph

VIVA.co.id – Kondisi cuaca yang tidak menentu membuat tubuh jadi mudah terserang flu. Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), karyawan kantor cepat tertular flu karena penyakit ini dapat menyebar dalam jarak 1,8 meter.

Studi: Bawang Putih Australia Bisa Membunuh COVID-19 dan Flu, Diklaim Manjur 99 Persen

Seseorang juga dapat tertular flu hanya dengan menyentuh permukaan benda yang tertempel virus dan kemudian menyentuh mulut atau hidung mereka. Sebagian besar diakibatkan oleh partikel air yang keluar saat batuk, bersin, atau berbicara.

Bagi para karyawan, peluang untuk berada dalam jarak 1,8 meter dari orang yang terkena flu dan menyentuh benda yang terkontaminasi virus sangat tinggi setiap hari.

Ratusan Burung Pipit di Balai Kota Cirebon Mati karena Cuaca Ekstrem

Tapi, Anda tidak perlu terlalu khawatir karena ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi risiko tertular seperti dilansir laman Forbes.

Bersihkan permukaan benda yang banyak disentuh

Kesetaraan Gender Dalam Pekerjaan Bisa Bikin Untung Perusahaan

Dr. Kelly Arehart, Global Innovation Manager for The Healthy Workplace Project di Kimberly-Clark Professional, mengatakan bahwa virus pada permukaan benda seperti keran wastafel dan pegangan pintu dapat menyebar dengan cepat, terutama di tempat umum seperti kantor dan sekolah.

"Membersihkan permukaan dengan tisu disinfektan dapat mengurangi kontaminasi di permukaan tersebut dari sarang virus. Perusahaan yang bisa menyediakan hal ini kepada karyawan dapat membuat perbedaan," kata Dr. Arehart.

Sering mencuci tangan

Dr. Arehart mengatakan, ini penting dilakukan terutama sebelum makan, setelah dari kamar mandi, dan keluar ruangan. Gunakan sabun dan air hangat selama 20 detik. Selain itu, penting untuk mengeringkan tangan Anda dengan handuk bersih yang baru. Anda bisa gunakan hand sanitizer saat sabun dan air tidak tersedia.

Jangan tunggu sakit baru bertindak

Kebanyakan orang sehat dapat mulai menularkan penyakitnya satu hari sebelum gejalanya muncul dan dalam rentang waktu 5-7 hari sebelum mereka benar-benar jadi sakit. Jadi, biasakan mencuci tangan, membersihkan tempat kerja Anda, dan menggunakan hand sanitizer sepanjang tahun.

Lakukan langkah pencegahan

Tutupi hidung dan mulut Anda dengan tisu ketika Anda bersin lalu langsung buang tisunya. Sebaiknya gunakan tisu antivirus karena beberapa virus batuk dan flu dapat bertahan hingga 24 jam pada tisu biasa. Jika tidak ada tisu, bersin ke arah dalam siku Anda karena satu bersin dapat menyebarkan 3.000 partikel dengan kecepatan 100 meter per jam.

Cuci cangkir Anda menggunakan air panas

Jika orang di sekitar Anda sakit, cangkir tempat kita minum juga akan cepat menyebarkan virus ke dalam tubuh. Membilas dengan air biasa tidak cukup untuk membersihkan kontaminasinya.

Jauhi dapur kantor

Kebanyakan orang tidak menyadari kalau dapur di kantor merupakan sarang berkembang biaknya flu. Jadi, sebaiknya hindari penggunaan alat makan bersama. Saat musim flu, akan lebih baik untuk menggunakan benda sekali pakai. Jika itu tidak tersedia, pastikan untuk membersihkan secara saksama sebelum menggunakannya.

Batasi interaksi dengan rekan kerja

Hindari berjabat tangan, sebagian orang mungkin akan merasa tersinggung tapi ini lebih baik daripada tertular. Hindari juga percakapan dengan rekan kerja jika terjadi wabah flu.

Terapkan gaya hidup sehat

Perbanyak waktu tidur karena istirahat yang cukup merupakan pertahanan tubuh yang baik dari sakit. Selain itu, makan makanan sehat, diet seimbang, dan banyak minum serta olahraga rutin.

Jika sakit, istirahat di rumah

Jika Anda sakit dengan gejala seperti flu, sebaiknya istirahat di rumah setidaknya 24 jam sampai demamnya hilang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya